Sambil Ronda, Bupati Mustafa Berikan Bantuan Beras kepada 1.555 Lansia

LAMPUNG TENGAH (PBO)-– Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga tak mampu, Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa mencanangkan program bantuan untuk para lansia dan janda di Lampung Tengah. Bantuan diberikan dalam bentuk beras sebanyak 5 kg bagi 1.555 para lansia di seluruh Lampung Tengah.

Pembagian beras diberikan oleh orang nomor satu di Lampung Tengah ini di tengah aktivitas ronda di Kecamatan Seputih Agung, Sabtu malam, 11/3/2017. Dengan mengendarai sepeda, Bupati Mustafa membagikan beras langsung kepada sejumlah lansia dan janda di kampung-kampung setempat,

Kepala program keluarga harapan (PKH) Lampung Tengah, Kusuma Riyadi menerangkan bantuan beras diberikan kepada 6 lansia dan janda di masing-masing kampung. Setiap dari mereka menerima bantuan beras sebanyak 5 kg yang diberikan setiap triwulan.

“Kita ada 311 kampung, jadi total janda dan lansia yang dibantu adalah 1.555 orang. Pendataan dilakukan langsung oleh Kakam masing-masing. Mereka yang menerima memang orang-orang yang membutuhkan. Nantinya akan dibayarkan per triwulan melalui Kakam,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Mustafa menuturkan bantuan untuk para janda lansia diambil dari anggaran APBD dalam rangka membantu warga miskin di Lampung Tengah. Dengan program ini diharapkan dapat meringankan beban kebutuhan para lansia.

“Memanfaatkan momen ronda, saya ingin membagikan langsung beras bantuan yang akan diberikan. Inilah salah satu manfaat ronda, kita bisa menyapa satu per satu warga dan mengetahui keadaaan mereka yang sesungguhnya,” ujar Mustafa.

Sebelumnya Mustafa yang dikenal dengam bupati ronda ini juga mengumpulkan warga untuk sosialisasi program pemerintah, berdiskusi dan menyerap aspirasi. Mereka terdiri dari berbagai unsur elemen, mulai dari aparatur desa, penyuluh pertanian, bidan desa, linmas dan masyarakat umum.

Ini memang menjadi salah satu ciri khas kepemimpinan Mustafa. Tak hanya berkutat di kantor dan menunggu laporan, Mustafa kerap terjun langsung mengunjungi warganya, melakukan ronda, diskusi dan menyerap aspirasi warga.

Duduk bersama, Bupati Mustafa mengajak warga Kecamatan Sendang Agung untuk bersama-sama mewujudkan Lampung Tengah yang lebih baik, sesuai dengan perannya masing-masing. “Semua harus bekerja. Berikan yang terbaik sesuai kapasitas maksimal kita. Jika kita punya semangat yang sama, saya optimis Lampung Tengah maju dan berkembang,” imbuhnya.

Diskusi bersama warga dilanjutkan Mustafa dengan ronda mengelilingi kampung-kampung yang di Seputih Agung. Perjalanan mengendarai sepeda, Mustafa diiringi komunitas sepeda ontel di kecamatan setempat. Rombongan sepeda semakin mengular ketika beberapa warga secara sukarela bergabung bersama Mustafa untuk ikut ronda.(Erwin/Is)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *