Musa : Empat Pilar Kebangsaan Adalah Identitas Bangsa

PESAWARAN – Setelah 26 Agustus lalu Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi PKB,  Drs H Musa Zainuddin melakukan Sosialisasi Empat Pilar yang dirangkai dengan Pelatihan Kader Pertama (PKP) PKB di Kabupaten Tanggamus.  Kali ini salah satu legislator partai besutan Gusdur itu melakukan kegiatan serupa di Gedung KNPI Pesawaran, Rabu (16/11/2016).15101874_349351322123664_1590894762_o

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh mayoritas kaum muda tersebut,  Musa -sapaan akbrabnya- mengatakan,  DPR/MPR RI sebagai lembaga legislatif negara terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme sesuai semangat proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945. Salah satunya dengan terus mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI, Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ya,  Generasi muda pasca reformasi perlu terus menerus diberikan pemahaman tentang Empat Pilar Kebangsaan, sehingga untuk menghadapi masa depan bangsa ini akan lebih tegak dan kokoh dalam berbangsa dan bernegara menuju cita-cita proklamasi,” kata Musa.15102153_349351205457009_664249614_o

Menurutnya,  dirinya tidak meragukan pemahaman generasi muda, khusus generasi muda Nahdlatul Ulama (NU)  terkait Empat Pilar Kebangsaan.  Kendati demikian dirinya perlu kembali mengulas agar dapat dipahami secara utuh oleh para generasi muda.

“Harus diakui jika saat ini bayak yang salah paham terkait kebebasan berpendapat yang menandai lahirnya era reformasi. Ya, saya amati kebebasan tersebut dimaknai bebas tanpa batas. Kesalahan pemahaman itu menyebabkan kendurnya nilai-nilai agama dan nilai-nilai keakraban sosial. Ini sangat mengkhawatirkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan sosialisasi empat pilar, dihatapakan semua dapat kembali berpedoman kepada Pancasila, Bineka Tunggal Ika,  NKRI dan UUD 45,” tuturnya.

Dalam alinea IV UUD RI 1945, lanjut Musa,  jelas termaktub ‘Mencerdaskan kehidupan bangsa’, atas dasar itulah sosialisasi empat pilar menjadi begitu penting. Sebab dengan kegiatan tersebut dapat membentuk manusia Indonesia yang berkualitas, maju, unggul , berakhlak mulia dan berdaya saing tinggi sebagai modal utama dalam pembangunan bangsa.img_20161116_105720

“Pemahaman dan implementasi terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar negara harus selalu ditumbuh kembangkan dalam mewujudkan cita-cita masa depan indonesia yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera, adil, makmur serta menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat,” pungkasnya.

Diketahui,  Musa Zainuddin di jadwalkan menggelar sosialisasi empat pilar di sejumlah titik di Lampung.  Setelah di Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu Oktober lalu, Musa menggelar kegiatan sama pada 16 November di Kabupaten Pesawaran dan 27 November di Kota Bandar Lampung.  (Ari)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *