Curah Hujan Tinggi, Petani Kopi Terancam Gagal Panen

LAMPUNG BARAT- Datangnya musim hujan yang berkepanjangan membuat para petani kopi  hususnya di kabupaten Lampung Barat (Lambar) resah.

Masyarakat Lambar yang mayoritas petani kopi yang panen 1 kali dalam setiap tahunnya sangat menghawatirkan panen tahun depan.

Seperti yang masih terjadi saat ini hampir setiap hari datang hujan dan itu mengakibatkan pembusukan pada bunga kopi dan membuat bunga kopi rontok, sehingga produksi panen kopi di Lampung Barat tahun 2017 mendatang diprediksi kalangan petani akan menurun drastis dibandingkan tahun 2016.

Bakal menurunnya hasil panen kopi tahun 2017 mendatang juga dikatakan Nasril salah satu petani di pekon kota besi kecamatan Batu Brak yang sempat di konfirmasi di sela-sela waktunya mengurus kebun, ia mengeluhkan keadaan kebunnya.

“Jika terus menerus datang hujan bisa-bisa bukan menurun dari tahun ini melainkan dapat berakibat gagal panen dan dampak nya peceklik di tahun yang akan datang,” jelasnya.

Di tambahkan Irham yang juga petani di tempat yang sama, kami berharap kalaupun panen tahun depan gagal sehingga berimbas peceklik agar pemerintah daerah bisa memberikan solusi nantinya, baik berupa pinjaman uang dalam jangka tahunan ataupun solusi lainnya agar dapat meringankan para petani kopi hususnya. (Iwan)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *