Mahasiswa KKN Unila : Wisata Bukit Batu Tumpang Pubian Sorga Bagi Wisatawan

LAMPUNG TENGAH (PBO)-Keindahan alam perbukitan, wisata Batu Tumpang, Kampung Payung Rejo, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lamtengtengah, salah satu tempat wisata alami sorga bagi para wisata yang selama ini terpendam.

Sejuknya alam  perbukitan yang indah dan masih alami. Di bawahnya tampak area persawahan yang luas dan perkebunan yang mengijau serta permukiman warga.

Untuk memperkenalkan keindahan tempat wisata Batu Tumpang tersebut, Pada Minggu (12/2/2017), para mahasiswa Universitas Lampung (Unila), yang sedang melakukan KKN di Kampung Payung Rejo, bersama aparatur kampung  beserta masyarakat setempat, melakukan kunjungan serta wisata di lokasi tersebut.

“Ini merupakan aset daerah yang perlu kita lestarikan demi kemajuan pariwisata Kabupaten Lampungtengah,”ujar Ketua Koordinator Mahasiswa KKN Unila, kampung setempat, Fatih, yang mengambil jurusan Ilmu Komonikasi, di universitas tersebut.

Fatih mengatakan, wisata Batu Tumpang merupakan salah satu fotensi alam yang ada di Kampung Payung Rejo, perlu dikelola dengan baik sehingga dapat bersaing dengan tempat wisata-wisata lainnya.

“Saya berharap  bapak camat dan Bupati Mustafa agar dapat mempasilitasi dan menjadikan Bukit Batu Tumpang Sebagai Wisata unggulan di Lampung Tengah. Untuk itu diperlukan juga penambahan pembangunan pendukung seperti wahana-wahana seperti bermain dan pondok peristirahatan,”kata Fatih.

Ikut juga dalam rombongan staf Humas DPRD Kabupaten Lampungtengah, Dedy, para dewan guru Kecamatan Pubian, serta pengunjung lainnya. Tidak ingin melewatkan keindahan wisata Batu Tumpang, rombongan mahasiswa KKN langsung mengabadikan berfoto ria bersama masyarakat setempat.

“Sungguh indah ciptaan tuhan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Pemandangan yang masih alami diperbukitan membuat lelah kami terbayarkan setelah merasakan kesejukan dan keindahan Wisata Batu Tumpang,”ujar salah satu Mahasiswi Unila.

Dikesempatan yang sama, Staf Humas DPRD kabupaten setempat, Dedy mengatakan, Widata Batu Tumpang adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kecamatan Pubian yang saat ini sangat ramai dikunjungi oleh para masyarakat sekitar serta wisata dari luar daerah.

“Jika tempat wisata Batu Tumpang ini dikelola dengan baik, bisa menjadi inkam kampung serta Pendapatan Asli Daerah (PAD), mengingat lokasi tersebut masih sangat alami dan sangat cocok bagi para wisata yang suka dengan keindahan alam serta pendaki bukit,”ungkapnya.

Ikut pula dalam rombongan, salah satu dewan guru MTs Nurul Ulum Payungrejo, kecamatan setempat, Trirahayudi saat dikonfirmasi mengatakan, sejarah nama Wisata Batu Tumpang tersebut, tidak ada yang tau siapa pertama kali memberikan nama. Namun jika dilihat keberadaan sejumlah batu besar yang ada dilokasi seperti menumpang persis di atas bukit.

“Mungkin karena batu besar yang sangat indah terlihat numpang di atas bukit maka masyarakat dengan sepontanitas saja menamakan Batu Tumpang alias batu yang menumpang di atas bukit,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Payung Rejo, Kecamatan Pubian, Sudibyo saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya mengharpkan uluran tangan dari pemerintah daerah agar lokasi Wisata batu Tumpang diberikan bantuan untuk pembangunan tempat wisata yang layak untuk dikunjungi oleh masyarakat serta para wisata luar daerah.

“Saya berharap Pemerintah Daerah Lampungtengah, bisa membangun lokasi Wisata Batu Tumpang agar menjadi salah satu tempat lokasi wisata yang bias menyedot para wisata. Sehingga  kemungkinan besar Wisata Batu Tumpang juga salah satu tempat wisata yang bisa memberikan masukan untuk inkam daerah. Infrastruktur perlu dibenahi biar wisatawan lokal dan luar daerah yang berkunjung di tempat ini dapat merasa aman dan nyaman untuk menikmati keindahan dan panorama alam ciptaan Tuhan,,”harapnya.

 Selain itu, Sudibyo juga mengatakan, dirinya sangat mengafresiasi sekali dengan dibukanya tempat rekreasi Bukit Batu Tumpang Oleh Masyarakat Kampung Payung Rejo. Mudah-mudahan masih kata ia, tempat Wisata Bukit Batu Tumpang dapat Menjadi salah satu tempat wisata bagi Masyarakat Lampung Tengah dan Wisatawan dari luar Lampung Tengah.

“Berawal dari Media sosial menjadikan rasa penasaran bgi masyarakat untuk berkunjung melihat secara langsung bentuk dan wujud dari Batu Tumpang tersebut, Pada intinya agar bukit Batu Tumpang dapat dikenal oleh masyarakat luar Khususnya Kampung Payung Rejo. Program ini juga telah mendapat dukungan Penuh oleh Camat Pubian, Isa Ansori, S.Sos,”katanya.

Ditempat terpisah salah satu warga saat dikonfirmasi berharap kepada  Bupati Kabupten Lampungtengah, Mustafa, sebagai penggagas dibukanya Bukit Batu Tumpang agar wisata tersebut dapat dikenal lagi banyak orang baik local maupun luar Provinsi Lampung.

“Bupati Kabupten Lampungtengah, Mustafa, adalah salah satu penggagas dibukanya Bukit Batu Tumpang agar wisata tersebut dapat dikenal banyak orang dan juga bisa menjadikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,”pungkas narasumber. (Erwansyah).

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *