GIIAS 2016: Mengenal Lebih Dalam Mitsubishi XM Concept

Tangerang: Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini jadi momen yang penting bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Bukan saja seperti tahun-tahun yang biasa mereka ikut berpartisipasi, namun Agen Pemegang Merek Mitsubishi ini menjadi salah satu pabrikan yang sangat diperhatikan oleh masyarakat.

Bahkan tak hanya masyarakat Indonesia yang memfokuskan perhatiannya pada Mitsubishi, namun masyarakat dunia. Pasalnya di ajang GIIAS ini, mereka meluncurkan secara perdana, prototip mobil Small MPV Crossover yang mereka namakan, XM Concept.

XM Concept di GIIAS

OTO.com bertemu langsung dengan Presiden Direktur Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Osamu Masuko untuk mengetahui lebih dalam tentang XM Concept dan alasan mengapa Indonesia yang menjadi pusat produksi Small MPV inovatif ini. “Indonesia adalah negara yang penting bagi Mitsubishi, kami sangat bangga bisa memperkenalkan ini pertama kali di Indonesia,” ujar Masuko yang datang langsung ke Indonesia saat memaparkan konsep mobil ini beberapa waktu lalu.

Menurut Masuko, masyarakat Indonesia masih membutuhkan sosok Small MPV yang bisa menjawab berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia. Dalam portofolio model kendaraan penumpang yang dijual Mitsubishi di Indonesia saat ini, sosok kendaraan ini belum ada.

Lebih lanjut, kamipun berbincang dengan Tsunehiro Kunimoto, Senior Executive Officer, Corporate General Manager Design Office MMC. Dirinya mengungkapkan bahwa lewat XM Concept, Mitsubishi mencoba mewujudkan kebutuhan masyarakat Indonesia yang gemar dengan kendaraan muat banyak penumpang, dan memiliki identitas dan ketangguhan khas Mitsubishi. Karenanya nama konsep mobil inipun ditarik dari dua model kendaraan tersebut ‘X’ Crossover dan ‘M’ yang berarti MPV.

Desain

interior XM ConceptDesainnya mengekspresikan penggabungan konsep antar SUV dengan MPV. Namun bukan semerta-merta meninggikan sosok MPV, ataupun memanjangkan basis model yang sudah existing, lalu membuatnya menjadi sebuah crossover. Mitsubishi memiliki pengalaman tinggi dalam membangun sebuah SUV. Mereka lebih memilih meracik dari nol, sebuah konsep kendaraan yang bisa dikenali sebagai kendaraan berdaya jelajah tinggi, namun tetap kapabel layaknya MPV.

Foto yang Anda lihat, merupakan versi konsepnya, bukanlah prototip yang siap diproduksi. Namun Kunimoto meyakinkan bahwa versi produksinya nanti tetap berpegang pada konsep yang sudah ada sekarang. Jadi jangan heran jika aura desain Mitsubishi dengan Dynamic Shield sudah terpajang apik di fascia XM Concept.

Jok XMProporsi SUV mudah dideteksi dengan desain fender yang mencolok dengan pahatan garis yang berkarakter. Tak hanya itu, ground clearance tinggi sebagai syarat mutlak sebuah SUV juga diterapkan. Untuk membuat tampilannya lebih dramatis, alur kaca samping pun dibuat memanjang ke belakang dengan konsep flying roof.

Kamipun sempat mengintip interiornya, dan tentu saja sebagai sebuah model konsep, maka yang Anda temukan adalah kabin yang masih sangat futuristik. Namun dalam pemaparan desain yang disebutkan Kunimoto, interior XM Concept memiliki dashboard horisontal dengan konsol tengah yang tinggi dan lebar. Warna kontras hitam dan putih juga diaplikasikan untuk memberi kesan bersih dan mewah.(*)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *