Dampak Internet Bagi Remaja

INTERNET adalah jaringan global antarkomputer untuk berkomunikasi dari suatu lokasi ke lokasi lain di belahan dunia. Dalam internet terdapat berbagai macam informasi, baik yang baik maupun yang buruk, yang benar maupun yang tidak. Semua informasi itu dapat diakses lewat internet. Penggunaan internet berkembang dengan pesat. Kini masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet di warnet atau melalui laptop dengan modem ataupun wireless-connected, bahkan lewat HP. Jumlah pengguna internet pun terus bertambah. Berdasarkan perhitungan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terdapat sekitar 25 juta pengguna internet.

Perkembangan teknologi di era globalisasi yang modern ini sudah melesat tinggi entah, siapapun, dan dimanapun mereka dapat meng-akses media teknologi yang sudah canggih dan beragam macam tersedia, salah satu medianya adalah media internet yang dapat membantu masyarakat atau para pelajar mempelajari ataupun mengetahui informasi seputar kebudayaan, teknologi, dan lain-lain yang ada di Indonesia maupun informasi yang belum diketahuinya.
Tidak semua informasi dari internet memiliki dampak negatif, ada juga dampak positif internet bagi remaja. seperti pengguna mahasiswa internet ini sangat bermanfaat karena memudahkan mahasiswa dalam menacari informasi yang mereka butuhkan untuk memenuhi tugas mereka.

Kemudian manfaat internet dalam kalangan pekerja kantoran, internet dan komputer adalah kebutuhan mereka sehari-hari karena biasanya mereka menggunakan komputer sebagai media dalam bekerja dan menggunakan internet untuk mencari informasi dan data-data yang dibutuhkan mereka dalam pekerjaanya. Internet juga memiliki beberapa manfaat seperti memudahkan dalam berkomunikasi, menambah wawasan, meningkatkan penguasaan bahasa asing, sarana pendidikan jarak jauh, media hiburan, untuk menjalankan bisnis, memudahkan pekerjaan dan masih banyak lagi.

Walaupun internet memiliki banyak manfaat dan kelebihan, tetapi internet juga memiliki dampak negatif bagi anak remaja sekarang. Seperti kecanduan internet membuat banyak remaja menjadi anti sosial, melakukan penipuan dan kejahatan dunia maya(cybercrime). Tugas para orang tua, pendidik, dan orang yang tahu akan bahaya kecanduan internet untuk mencegah para remaja menjadi kecanduan internet.(*)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *