BKP Amankan 750 Kg Madu Ilegal di Bakauheni

KALIANDA (PBO) – Petugas Balai Karantina pertanian (BKP) wilayah kerja (Wilker) Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan mengamankan 14 jeriken atau sekitar 750 kg madu manis tanpa dokumen resmi.

Madu asal Jambi tersebut diamankan saat bus PO Handoyo AA-1458-DA yang hendak menyeberang ke pelabuhan Merak, Banten itu melintasi pemeriksaan rutin petugas di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Jumat (17/2/2017), sekitar pukul 10.30.

Penanggung Jawab BKP Wilker Bakauheni Azhar melalui penyidiknya Buyung Hardiyanto menjelaskan untuk mengelabui petugas yang rutin melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dipintu masuk pelabuhan Bakauheni, pelaku melaporkan pengiriman madu yang resmi saja.
“Setelah kami periksa dengan teliti. Terdapat selisih 14 jeriken seberat kurang lebih 750 kg madu yang tidak memiliki dokumen resmi. Untuk itu, kami tahan guna pemeriksaan lebih lanjut,” kata Buyung kepada Lampung Post, Jumat (17/2/2017).

Menurut keterangan sopir bus, ujar Buyung, pemilik madu menitipkan madu sebanyak 14 jeriken tersebut dengan madu-madu yang telah mengantongi dokumen. Menurut dia, pengiriman komuditi dari hewan, ikan dan tumbuhan harus memenuhi ketentuan UU nomor 16 tahun 1992 tentang karantina ikan, hewan dan tumbuhan.”Kami masih memberikan toleransi terhadap pemilik madu untuk melengkapi surat-menyuratnya hingga pekan depan,” pungkasnya, dilangsir lampost.co.

Sebelumnya, Sabtu (21/1/2017) lalu, petugas karantina Pelabuhan Bakauheni juga mengungkap penyelundupan serupa. Di mana pengiriman madu dengan membonceng pengiriman yang telah resmi. Saat itu sebanyak 225 kilogram madu asal Jambi yang diangkut kendaraan paket ekspres bernomor polisi BM-8471-JU berhasil diamankan.

Berdasar pada surat perjalanan barang, madu tersebut dikirim Salim dari Jambi ke dua tempat. Yakni ke CV AD Dana Jawa Timur atas nama Taufan dan Abu Pusdya di Bandung Jawa Barat. (Lp)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *