Besok Rimir Mirhadi, Adeham dan Budiharto, Dilantik Plt Bupati di Tiga Kabupaten

LAMPUNG-Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo dijadwalkan, Jumat (28/10/2016) siang melantik tiga penjabat bupati. Ketiga Pj Bupati itu yakni untuk kabupaten Tulang Bawang, Mesuji dan Tulang Bawang Barat.

Pelantikan Pj Bupati tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pelaksana tugas (Plt) di tiga Kabupaten.

Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Pemprov Lampung, Chandri mengatakan dalam pelantikan tiga Pj bupati, bupati dan wakil bupati wajib hadir.

“Bupati dan Wakil Bupati wajib hadir, karena besok (28/10) akan dilaksanakan acara penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pelaksana tugas (Plt) di tiga Kabupaten,” katanya, Kamis (27/10/2016).

Dikatakan Chandri pelantikan tiga Pj akan dilaksanakan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Kantor Gubernur Lampung, Jumat (28/10/2016) pada pukul 13.30 WIB.

“Adapun SK Plt tersebut untuk di tempatkan di wilayah Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji dan jajaran forkopimda daerahnya juga nanti hadir jadi semua mengetahui mulai dari unsur kapolres dan kejaksaan negeri setempatnya. Selain itu penyerahan memori apa saja yang sudah dan akan dilanjutkan program pembangunan diwilayah tersebut selama masa cuti kampanye atau pilkada,” ujar Chandri, seperti dilansir dari Inilampung.com pada, Kamis (27/10).

Tidak hanya itu, lanjut Chandri, Pemprov juga telah menyediakan 20 undangan untuk masing masing Kabupaten.

“Ya, tapi yang hadir bisa saja lebih. Karena kan ada ajudan segala macam. yang pasti susunan acara sama persis seperti di provinsi lain,” ucapnya.

Dilanjutkan Chandri, nantinya para penjabat bupati dalam memimpin kabupaten diperbolehkan menandatangani APBD.

“Boleh. Enggak ada masalah. Asalkan sesuai poin-poin Permendagri 74/2016,” ucapnya.

Dalam Permen itu, jelas Chandri juga diatur mengenai hal-hal yang strategis yang oleh Plt akan senantiasa dikonsultasikan, dilaporkan, dan mendapat persetujuan Mendagri untuk pengendaliannya.

“Artinya semua kebijakan Plt harus atas persetujuan Mendagri,” pungkasnya.

Sementara, sejumlah nama pejabat yang santer diisukan akan menjabat sebagai Plt bupati di tiga daerah itu diantaranya Plt Sekwan DPRD Provinsi Lampung, Rimir Mirhadi sebagai Plt Bupati Tulangbawang, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Adeham sebagai Plt Bupati Tulangbawang Barat, dan Staf ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Budiharto sebagai Plt Bupati Mesuji.

Terpisah Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono mengatakan dari tiga nama tersebut skor tebakannya hanya mendapat nilai 60 dari nilai 100.

“Kalau ini kuis, jawaban kalian itu hanya dapat skor 60, artinya belum sepenuhnya tepat,”kilahnya.

Selain tiga Kabupaten akan dipimpin Plt yang berasal dari pejabat pemprov Lampung, dua Kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Pringsewu akan dipimpin wakil Bupati Handitya Narapati yang tidak mengikuti pilkada hingga masa jabatan habis pada 23 November 2016 mendatang.

Sementara Kabupaten Lampung Barat akan tetap dipimpin oleh Mukhlis Basri hingga akhir masa jabatan (AMJ) berakhir.

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *