Walikota Metro Hadiri Launching Ceremony KIA

METRO- Wali Kota dan Wakil Wali Kota Metro, Achmad Pairin – Djohan SE, hadiri Launching Ceremony Kartu Identitas Anak (KIA) Tahun 2016, acara berlangsung di Gedung Wanita pada, Rabu (19/10/2016).

Kegiatan yang bertema “Dengan Kartu Identitas Anak (KIA) Kita Lindungi Hak-Hak Konstitusional Anak” tersebut dihadiri oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI Prof. DR. Zudan Arief Fakrullah, Perwakilan Gubernur Provinsi Lampung Theresia, Fokorpimda Kota Metro, Ketua DPRD Kota Metro, Para Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda Kota Metro, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Lampung, Kepala Disdukcapil se-Provinsi Lampung, Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro, Ketua PKK, GOW dan Perwakilan Ketua DWP Kota Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro.

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Metro, Maria Fitri Jaya Singa dalam sambutannya mengatakan, Kota Metro dalam cakupan kepemilikan akta kelahiran 0-18 tahun s.d 30 September 2016 sudah mencapai 91,05% (anak yang telah memiliki akta kelahiran sebanyak 47.154 dari 51.780 anak), selain itu juga dari jumlah penduduk Kota Metro 164.284 jiwa yang sudah memiliki KTP-el, dan saat ini untuk KTP-el sudah perekaman mencapai 98,5% dari wajib KTP 114.981 tersisa 1,5% yakni kurang lebih 2113 jiwa lagi.

“Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan identitas kepada anak usia 0 s/d 17 kurang sehari dan melindungi konstitusional anak, memperkenalkan KIA kepada masyarakat, menghimbau masyarakat Kota Metro untuk membuat KIA, mempermudah dan memperlancar syarat-syarat sebagai kebutuhan dalam lembaga pendidikan, kursus-kursus, BUMN ataupun untuk keperluan layanan masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Walikota Metro, Achmad Pairin, mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut, yang merupakan sebagai bentuk usaha bersama dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik khususnya dalam bidang pelayanan kependudukan di Kota Metro.

“Pairin mengungkapkan kebanggaannya atas kehadiran Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI dan kehadiran dari Provinsi Lampung. Ia berharap semoga Pemerintah Pusat dalam hal ini Bapak Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil beserta jajarannya dapat memberikan motivasi dan dukungan baik untuk Peningkatan Pelayanan Publik di Disdukcapil Kota Metro,”tegasnya.

Dikesempatan yang sama, Theresia mewakili Gubernur Lampung menyampaikan apresiasi atas kegiatan Launching Ceremony Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Metro, yang mana kegiatan yang dilaksanakan di Kota Metro tersebut merupakan pertama kalinya terselenggara di Provinsi Lampung.

“Dalam sambutannya, ia mengharapkan agar mulai dari tahun 2016 seluruh anak dapat memiliki KTP dalam bentuk KIA, ketentuan tersebut merupakan tindak lanjut dari peraturan dalam negeri. Theresia juga menjelaskan bahwa Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan kartu identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah,”ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus sosialisasi Kartu Identitas Anak oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Prof. DR. Zudan Arief Fakrullah, SH.MH. Dan disusul Launching Kartu Identitas Anak dengan Pemukulan Gong sebagai tanda telah dimulainya Peluncuran Kartu Identitas Anak.

Acara juga pemberian penghargaan dari Kemendagri dalam hal ini Dirjendukcapil kepada Kota Metro yang diserahkan langsung kepada Walikota Metro atas tercapainya cakupan Akta Kelahiran serta capaian layanan perekaman KTP-el terbanyak, dan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata Kota Metro dari Walikota Metro diserahkan kepada Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dalam kegiatan tersebut, pemberian piagam penghargaan juga diberikan dari Walikota Metro kepada Camat dan Lurah di Kota Metro yang telah membantu mensukseskan administrasi kependudukan dan catatan sipil.(Red)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *