Terkait Intimidasi Wartawan, Ketua DPC KWRI Lamteng, Nurullah: Kalau Bersih Kenapa Risih

LAMPUNGTENGAH (PBO) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Kabupaten Lampungtengah, M.Nurullah RS angkat bicara terkait dugaan Intimidasi oknum kepala kampung, terhadap salah seorang jurnalis di Lampung tengah, Darwis pada (16/4/2021).

Nurullah mengatakan wartawan dalam melaksanakan tugasnya dilindungi oleh undang-undang Pers nomor 40 Tahun 1999.

“Kalau bersih kenapa harus risih. Tidak sepantasnya oknum kepala kampung melakukan intimidasi terhadap wartawan yang menjalankan tugas serta amanah undang-undang pers,”Tegas Nurullah, saat dimintai tanggapan terkait masalah tersebut, pada (17/4/2021)

Nurullah panggilan M.Nurullah RS juga mengatakan jika benar oknum kepala Kampung Tanjung Jaya, Kecamatan Bangunrejo kabupaten Lampung Tengah berinisial OH, melakukan intimidasi terhadap wartawan dia minta aparat menegak hukum menindak tegas oknum kakam tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Dalam UU Pers dijelaskan, barang siapa yang menghambat tugas journalistik, dapat dikenakan sanksi hukuman pidana 2 Tahun penjara arau denda maksimal Rp500 juta,”ujarnya.

Jadi masih kata dia, perbuatan oknum kepala kampung setempat diduga telah melakukan pelanggaran melawan hukum UU PERS dan harus ditindak tegas agar memberikan efek jera kepada oknum tersebut serta jadi pelajaran bagi yang lainnya.

“Jika ini dibiarkan tidak menutup kemungkinan besar akan terulang kembali dan menimpa para insan pers lainnya. Stop mengkriminalkan wartawan,”kata Nurullah.

Terpisah, seperti diketahui dalam pemberitaan yang beredar, salah satu Kepala biro media, Darwis mengaku jika saat ia akan melakukan peliputan terkait pekerjaan di Kampung setempat, tiba-tiba Oknum kakam datang dan langsung mengancam akan memecahkan kepala jurnalis darwis.

Atas perlakuan tersebut, Darwis didampingi rekan-rekan seprofesinya melaporkan perbuatan itu ke Kepolisian Resort (Polres) Lampung Tengah untuk dibawa kejalur hukum.

Laporan diterima Polres Lampung Tengah dengan laporan polisi nomor : LP/B/477/IV/2021/SPKT/POLRES LAMTENG/POLDA LAMPUNG. Pada Jumat (16/04/21).(Fauzan)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *