Pasien Covid-19 Meninggal, Diduga Akibat Ditelantarkan Pihak Puskesmas Fajarmulya

PRINGSEWU (PBO) – Meninggalnya YL warga Pekon Fajarmulya, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu, pada Kamis 15 Juli yang lalu, timbulkan kekecewaan keluarga korban.

Ismail Buyung Putra selalu kakak tertua YL mengatakan, dirinya merasa kecewa dan menyayangkan lambatnya penanganan yang diberikan pihak Puskesmas Fajarmulya terhadap adik kandungnya. Sehingga berakibat fatal bagi YL.

“Pihak Puskesmas bukannya mengambil tindakan, malah para pegawai Puskesmas gembar gembor kalau adek saya Covid. Dan para pegawai Puskesmas pergi meninggalkan YL lebih dari satu jam,” kata dia kepada Penaberlian.com, Sabtu (17/07/2021).

Dia menuturkan, Bukan hanya itu, Ismail meyakini waktu mau dirujuk YL ini sudah meninggal. karena waktu mau dirujuk tangan dan badannya diikat. Kalau memang sudah meninggal kenapa harus dirujuk.

Terpisah, Pihak Puskesmas Fajarmulya melalui Erwin selaku perwakilan Puskesmas, saat dikonfirmasi membenarkan kalau untuk mengangkat YL ke mobil ambulance tidak ada orang akhirnya dirinya minta bantu Lurah setempat.

“Untuk rujukan yang ditulis tangan hasil Swab yang itu memang kesalahan kami, karena rekan kami baru pak. Kami ini sudah capek dan lelah bekerja kenapa harus di salahkan,” ujar Erwin.

Erwin menambahkan, Rujukan dari Puskesmas ditolak pihak Rumah Sakit Umum. Lantaran pasien sudah di nyatakan meninggal dunia sehingga almarhum YL tanpa identitas (anonim).

“Untuk masalah pemakaman lambat bukan urusan kami itu urusan rumah sakit. Karena hari itu ada 7 orang yang meninggal. Apalagi hubungan Puskesmas Fajarmulya dengan Rumah Sakit Umum lagi kurang harmonis,” beber Erwin.

Di tempat terpisah, Kepala Puskesmas Fajarmulya Mely, saat di hubungi melalui WhatsApp, dirinya lagi Isoman dan selama menjalani Isoman Erwin yang menjalankan kebijakan Puskesmas tersebut.

“Phak Kepolisian setempat sudah tahu dari awal meninggalnya saudari YL. Kami sudah koordinasi juga ke dinas kesehatan,” kata dia(Bambang).

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *