Mekanisme ETLE Tilang Elektronik

Kaltim (Berau)(Pena Berlian Online) 30/10/2022, Cek data ETLE diperuntukkan untuk keperluan jual beli, persewaan kendaraan dan atau pengecekan keperluan pribadi untuk mengecek kendaraan yg dimiliki apakah melakukan pelanggaran ETLE atau tidak.
Jika nomor polisi kendaraan anda termasuk data pelanggaran ETLE namun belum menerima surat konfirmasi, silahkan menghubungi petugas piket Posko ETLE di ruang TMC Satlantas Polres Berau.

Satlantas Polres Berau turun langsung setiap hari berpatroli memakai kamera mobile ETLE yg dipasang di helmnya.

Tidak menggunakan helm, mengendarai sepeda motor menggunakan hp hingga pengendara anak-anak di bawah umur merupakan pelanggaran berlalu lintas.

Parkir disembarang di wilayah yang masuk kawasan Tertib lalu lintas atau zero tolerance, melanggar rambu lalu lintas, melawan arus, berkendaraan tanpa SIM dan tidak dilengkapi STNK juga dapat di kenakan sangsi penilangan.

“Dengan ETLE Mobile masyarakat tidak perlu ditilang langsung, Nantinya surat konfirmasi pelanggaran langsung di kirim ke rumah yang bersangkutan. Jika memang benar, akan masuk dalam sistem e-tilang, dan wajib membayar denda”.

Mengenai pengiriman surat konfirmasi tilang, akan dikirim langsung ke alamat yang tertera pada surat kendaraan tersebut. Namun, jika ternyata berada di luar dari daerah tempat ia melanggar, maka akan dikirimkan ke Polda Kaltim.

“Nanti dari Polda Kaltim yang akan meneruskan ke polda atau polres sesuai alamat pelanggar”.

Jika surat konfirmasi tilang itu tidak ada balasan dari pelanggar selama 10 hari setelah surat dikirim, maka kendaraan akan diblokir di Samsat.

“Pastinya yang belum balik nama, bakalan balik nama saat bayar pajak tahunan.”

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltim Komisaris Besar Sonny Irawan menjelaskan, Polres maupun Polresta jajaran yang belum memiliki ETLE maka dianjurkan tidak melakukan penindakan hukum, akan tetapi mengedepankan edukasi dan imbauan agar tertib lalu lintas.

Di mana saat ini di wilayah hukum Polda Kaltim, baru satu kota yang memiliki fasilitas ETLE yaitu Balikpapan.

Tercatat dari 10 kabupaten kota di Kaltim hanya Balikpapan yang memiliki ETLE. Selain itu di Samarinda ada satu unit, akan tetapi masih proses hibah dari Pemprov Kaltim. “Jumlah ETLE di Balikpapan ada 4 di, Samarinda ada 1, tahun 2023 ada tambahan dari Korlantas baik sifatnya stationer maupun mobile.”sebutnya.(hdw).

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *