Kecamatan Sendangagung Sukses Gelar Semaan Al-Qur’an Tingkat Kabupaten

LAMPUNG TENGAH (PBO) – Kecamatan Sendangagung ditunjuk sebagai tuan rumah digelarnya Semaan Al-Qur’an Tingkat Kabupaten Lampung Tengah zona barat. Puluhan Hafidz dan Hafidzah dari beberapa kecamatan turut hadir membacakan Al-Qur’an 30 juz baik ghoib secara bergiliran yang didengarkan dan di simak okeh para tahfidz diikuti seluruh jamaah. Acara Semaan Al-Qur’an di gelar di Masjid Nurul Anwar Sendangagung pada Ahad Pon, (6/6/2021) berjalan sukses dan lancar.

Semaan Al-Qur’an adalah tradisi membaca dan mendengarkan pembacaan Al-Qur’an dikalangan hafidz dan masyarakat. Kata “Semaan” berasal dari bahasa Arab sami’a-yasma’u, yang artinya mendengarkan.

Turut hadir dalam acara tersebut Imam Jum’at Masjid Istiqlal Jakarta, KH. Ahmad Rofi’uddin Mahfuzh Al-Hafidz. Ia merupakan pengasuh pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Mukhlis Kalidadi Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah, Waka III DPRD Lampung Tengah fraksi PKB Muslim Anshori, SH.I, Kepala KUA Sendangagung H. Rozikin, Kakam Sendangagung Suratno (Genjut), seluruh Badan Otonom (Banon) Nahdlatul Ulama Sendangagung, tokoh agama dan undangan penting lainnya.

Tidak kurang dari delapan (8) kecamatan di wilayah Kabupaten Lampung Tengah zona barat turut serta mengirimkan delegasinya. Delapan kecamatan tersebut, yakni; (1) Kecamatan Sendangagung sebagai tuan rumah, (2) Kecamatan Kalirejo, (3) Kecamatan Bangunrejo, (4) Kecamatan Anak Tuha, (5) Kecamatan Padangratu, (6) Kecamatan Pubian, (7) Kecamatan Anak Ratu Aji dan (8) Kecamatan Selagailingga.

Semaan Al-Qur’an diikuti jemaah beragam usia, namun mayoritas usia remaja dan dewasa. Pembacaan Al-Qur’an di mulai pukul 07.00 sampai pukul 10.30 WIB. Kemudian dilanjutkan acara seremonial berakhir pukul 12.00 WIB dilanjutkan acara ishoma (istirahat, sholat, makan).

Dalam kesempatan itu, pengasuh pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Mukhlis Kalidadi, KH. Ahmad Rofi’uddin Mahfuzh Al-hafidz, sebelum membacakan Al-Qur’an juz ‘Amma dan do’a Khotmil Qur’an ia sempat memberikan pituah bahwa betapa pentingnya mendidik anak-anak dengan ilmu agama. Disamping pendidikan akhlak, tekhnologi dan pendidikan umum lainnya juga sangat penting untuk belajar mendalami dan menghafal Al-Qur’an.

“Jika umat Islam mau memelihara dan menghafal Al-Qur’an, maka Al-Qur’an akan memberikan syafaatnya kelak di akhirat”, ajaknya.

Sementara Ketua Jam’iyyatul Qurro’Wal Huffadz Nahdlatul Ulama Kecamatan Sendangagung Ustadz Ghufron Mustofa dalam sambutannya menghaturkan selamat datang dan ucapan terimakasih lantaran Kecamatan Sendangagung telah dipercaya sebagai tuan rumah dilaksanakannya kegiatan Semaan Al-Qur’an Sahabat Huffafz se-Lampung Tengah zona barat dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Menurut Ghufron, meski suasana pandemi Covid-19 belum berakhir namun dalam pelaksanaannya tetap melakukan protokol kesehatan (prokes) yang telah ditentukan.

Ucapan senada juga disampaikan Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) H. Warsito. Atas nama kepanitiaan dirinya menghaturkan terimakasih kepada segenap kerabat kerja yang telah bekerja sama bahu membahu semi suksesnya pagelaran Semaan Al-Qur’an sejak awal hingga akhir acara.

Sementara hasil rapat koordinasi Tim Tahfidz dan Tahfidzah Lampung Tengah zona barat bahwa pelaksanaan semaan Al-Qur’an berikutnya akan dilaksanakan di Kampung Jaya sakti Kecamatan Anak Tuha pada 10 Agustus 2021 mendatang bertepatan 1 Muharrom 1443 Hijriyah. (Amin Ma’ruf)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *