Anggota Komisi II DPRD Kalteng Desak PT IMK Beri Perhatian Lebih Bagi Warga Desa Ring I

Murung Raya (Pena Berlian Online) -Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (DPRD Kalteng) dari Fraksi PDI-Perjuangan Ina Prayawati SE mendesak pihak PT Indo Muro Kencana (IMK) untuk memberikan perhatian lebih bagi warga masyarakat binaannya di Ring I.

 

Dia mengatakan bahwa perhatian lebih ini tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku melalui kegiatan pemberdayaan CSR, ataupun melalui kebijakan-kebijakan internal perusahaan yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat menyesuaikan kondisi kekinian.

 

Upaya-upaya ini menurutnya dapat menjadi salah satu pilihan solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi di lokasi pit tambang emas milik PT IMK saat ini.

 

“Saya mendesak agar pihak manajemen IMK agar memberikan perhatian lebih bagi warga desa yang masuk binaan mereka, Permasalahan yang timbul ini kan hanya karena karena masyarakat ingin menyambung hidup dengan mengeruk sisa-sisa hasil alam dari PT IMK,” kata Legislator asal Fraksi PDI-Perjuangan ini saat di konfirmasi melalui sambungan telp seluler, Selasa (8/11/2022).

 

Suara lantangnya ini di akuinya setelah melihat langsung kondisi masyarakat di wilayah Ring I saat menggelar kegiatan reses di 4 (empat) kabupaten di DAS Barito yang salah satunya Kabupaten Murung Raya.

 

“Begitulah kondisinya saat kami menggelar reses di Murung Raya beberapa waktu lalu, harusnya kondisi tersebut menjadi perhatian khusus dari PT IMK untuk memberdayakan masyarakat sekitar lingkar tambang, jangan hanya mengeruk hasil alam tanpa adanya kontribusi untuk masyarakat,” ujarnya lagi.

 

Seperti di ketahui bahwa kondisi yang terjadi saat ini seringkali terulang dan terakhir terjadi di tahun 2013 lalu hingga akhirnya menghambat kegiatan dari perusahaan.

 

Ina Prayawati juga kembali menyarankan kepada pihak manajemen IMK untuk lebih menggunakan ‘hati nurani’, memberi peluang dan kesempatan lebih kepada masyarakat sekitar.

 

Selain itu juga menurutnya selaku anggota Komisi II DPRD Kalteng dari Fraksi PDI-Perjuangan yang turun langsung ke lapangan dan melihat kondisi masyarakat di sekitar lingkar tambang selama ini terkait dengan program-program pemberdayaannya, IMK sangat minim di ketahui oleh publik.

 

“IMK terkesan tertutup selama ini, tentunya agar tidak terjadi kembali kondisi yang sama coba lah lebih terbuka dan saya menyarankan agar kegiatan-kegiatan CSR yang telah dan sedang mereka lakukan bisa terpublikasi dengan baik sehingga masyarakat luas bisa tau apa yang telah di perbuat oleh IMK bagi masyarakat Murung Raya,” tegasnya (Red/M.ilmi)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *