2019, Lampung Barat Miliki SLB

BANDAR LAMPUNG (PENA BERLIAN ONLINE) –Lampung Barat ditargetkan akan memiliki fasilitas Sekolah Luar Biasa (SLB) pada tahun 2019. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Barat Bulki, Rabu (30/5/2018), mengatakan tahun depan Lampung Barat direncanakan akan memiliki fasilitas SLB dengan lokasinya menggunakan tanah Pemkab di lingkungan Pantau, Kelurahan Pasar Liwa.

Rencana pendirian SLB di Lambar, kata dia, memang sudah lama menjadi keinginan Pemkab atas usul masyarakat dan sejumlah guru-guru di beberapa sekolah dengan tujuan untuk menampung pelaksanaan pendidikan bagi anak-anak yang memiliki keterbatasan fisik.
Akan tetapi mendirikan SLB adalah kewenangan pemerintah provinsi dan pusat sedangkan kabupaten hanya sebatas usul serta fasilitasi lahan. Keinginan Pemkab untuk mendirikan SLB ini ternyata belakangan ini telah mendapat respon dari Pemprov, dimana minggu lalu melalui surat pihak Pemprov telah meminta agar Pemkab Lambar menyediakan lahan dan mengusulkanya sehingga pelaksanaan pembangunanya bisa dilakukan ditahun 2019.

Terkait permintaan Pemprov tentang penyediaan lahan itu, kata Bulki, pihaknya bersama pimpinan telah menindaklanjutinya. Hasilnya Pemkab Lambar siap bahkan sudah menyiapkan lahan dengan menggunakan lahan milik Pemkab di lingkungan Pantau Kelurahan Pasar liwa serta segera menyampaikan proposal kepada provinsi tentang usulan pembangunanya.

Menurut Bulki, sudah sepantasnya setiap kabupaten memiliki SLB untuk memenuhi kebutuhan sekolah bagi anak yang memiliki keterbatasan fisik. Selama ini anak-anak yang memiliki keterbatasan fisik di Lambar terpaksa ikut disekolahkan di sekolah formal karena di Lambar belum ada SLB. Akibatnya anak tersebut jauh tertinggal dari anak lainya. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada anak yang memang tidak disekolahkan sama sekali.(lps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *