Wabup Eriawan Ajak Fasilitas Kesehatan Kelola Limbah Medis

0
92

PESAWARAN (PBO)- Wakil Bupati Pesawaran Eriawan mengimbau kepada fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik kesehatan membarengi pengelolaan sampah dengan penanganan limbah medis. Ia mengatakan, pengelolaan tersebut harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Perlakuan terhadap limbah medis telah diatur tersendiri dalam Peraturan Mentri Lingkungan Hidup Nomor 18 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun,” ujar Eriawan dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2018 di halaman RSUD Pesawaran, Selasa, 13 Maret 2018.

Eriawan menambahkan, dalam rangka mendukung pemenuhan target seperti yang disebutkan pada Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017, perlu dibangun peran serta masyarakat untuk mewujudkan lingkungan bersih dan bebas sampah.

Ia pun mengajak kepada semua pihak untuk mendorong terwujudnya bank-bank sampah. Baik itu di lingkungan sekolah, maupun komunitas masyarakat lainnya agar kegiatan rescue, reduce dan recycle terhadap sampah lebih terkoordinasi.

“Kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karenanya, saya mengajak kepada kita semua untuk memulai dari diri kita sendiri untuk ikut ambil bagian dalam mewujudkan Pesawaran bersih sampah,” katanya. (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY