Proses Hukum Pelanggaran Khamamik Masih Terus Berjalan

0
371
Proses Hukum Pelanggaran Khamamik Masih Terus Berjalan (Foto Istimewa)

Bandarlampung (PBO) – Proses hukum pelanggaran Pilkada Kabupaten Mesuji lalu masih terus berjalan. Pelanggaran tersebut dilakukan oleh Khamami yang menghadiri kegiatan kepemerintahan untuk kampanye dan melibatkan Camat Way Serdang Andi Subrastono.

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengatakan, pihaknya mendapat surat dari kejaksaan tinggi akhir bulan Februari lalu terkait penyerahan berkas perkara Khamami. Pihaknya juga telah melakukan konsultasi kepada Bawaslu RI terkait surat tersebut.

“Kami diminta untuk mengumpulkan jajaran Sentral Gakumdu. Kita meminta keterangan apa yang membuat kasus tersebut terhambat. Dari pihak kejaksaan mengatakan bahwa berkas penyidikan masih ada yang belum lengkap dan kepolisian merasa sudah menyelesaikan berkas penyidikan,” katanya usai rapat koordinasi di Kantor Bawaslu Lampung, Kamis (6/4).

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya masih menyerahkan berkas tersebut kepada kejaksaan untuk mengambil langkah-langkah sesuai kewenangan yang dimiliki oleh Kejaksaan. “Kalau untuk kasus camatnya dalam waktu dekat akan dilakukan ekspos oleh pihak kepolisian,” katanya.

Ia mengatakan dalam kasus di Mesuji pihaknya mengambil pelajaran bahwa orang yang tergabung dalam sentral gakumdu dan pengawas pemilu harus bisa bersinergi dengan baik dan harus benar-benar bisa memahami aturan yang berlaku dalam proses penanganan Gakumdu.

“Begitu berkas tersebut dilimpahkan ke wKejaksaan dari penyidikan baru ada masalah. Jadi ke depan kita harus berdarah-darah dan berdebat pada saat pembahasan pasal sehingga pada saat pembahasan ketiga jangan malah berbelit dengan alasan tidak memenuhi unsur atau berkas tidak lengkap,” katanya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajari) Menggala yang menangani kasus tersebut tidak ingin berkomentar banyak mengenai kasus tersebut. “Saya tidak mau berkomentar, biarkan Ketua Bawaslu saja yang statement​,” kata Kajari Menggala, Ashari.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Ketua Bawaslu Lampung Fathikatul Khoiriyah dan dihadiri oleh Aspidum Kejati Lampung Yulefdi, Kapolres Mesuji AKBP Purwanto Puji Sutan, Ditreskrimum Polda Lampung Kompol Hari Sutrisno, Kajari Menggala Anshari, Kasat Reskrim Zainul Fachri. (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY