Pjs Bupati Sulpakar Pastikan Tidak Akan Terjadi Klaster Baru Covid-19 saat Kontestasi Pilkada

Lampung Selatan, (Pena Berlian Online) – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM berharap tidak ada klaster baru Covid-19 yang muncul pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Lampung Selatan.

Hal itu disampaikan Sulpakar dalam dialog acara publik yang disiarkan secara live melalui DBFM Radio Lampung Selatan dengan tema “Sukses Pilkada dengan Aman, Damai, dan Sehat”, di Studio Siaran DBFM Radio setempat, Rabu (7/10/2020).

Dengan dipandu presenter Henita Yahya, dengan lugas Sulpakar memaparkan berbagai upaya yang telah dan akan dilakukan untuk mewujudkan Pilkada yang Aman, Damai, dan Sehat.

Dalam dialog itu, Sulpakar mengatakan, salah satu tugas mendesak yang diamanahkan sebagai Pjs Bupati adalah untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada bupati dan wakil bupati dapat terlaksana dengan baik, aman, damai, dan kondusif.

Namun demikian, selain sukses dalam penyelenggaraan Pilkada, Sulpakar juga berharap tidak terjadi klaster baru Covid-19 yang muncul di Pilkada Lampung Selatan.

Sebab katanya, Pilkada tahun ini berbeda dari sebelumnya. Karena dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 yang harus mengutamakan protokol kesehatan.

Untuk memastikan tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

“Kami minta KPU menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dalam setiap tahapan Pilkada. Mulai dari kampanye sampai pelaksanaan pemungutan suara agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan secara ketat,” ujar Sulpakar.

Menurut Sulpakar, untuk menghadapi Covid-19 ini perlu kerjasama semua pihak. Mulai dari penyelenggara, seluruh Pasangan Calon (Paslon), tim sukses, hingga masyarakat itu sendiri agar memperhatikan protokol kesehatan secara ketat selama Pilkada.

Mulai dari menghindari kerumunan, selalu memakai masker, menjaga jarak, selalu menjaga kebersihan dan mencuci tangan dengan air mengalir memakai sabun.

“Pertama pastikan tidak terjadi kerumunan massa yang tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Kemudian pastikan bahwa semua peserta utama dalam pelaksanaan kampanye itu memakai masker. Lalu tetap menjaga jarak,” tukasnya.

Lebih lanjut Sulpakar mengungkapkan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, juga telah menyampaikan hal tersebut kepada tim sukses Paslon pada kegiatan Deklarasi Damai Pilkada yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu.

“Kami juga selalau memberi pemahaman secara terus-menerus kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Kepada tim kampanye juga sudah kita sampaikan saat ikrar Pilkada Damai di Lampung Selatan,” tandasnya. (kmf/wan)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *