Pesisir Barat Tuan Rumah Asian Games Surfing 2018

0
1163

PESISIR BARAT– Ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Asean Games 2018 untuk cabang olah raga Surfing, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mempersiapkan tiga pantai untuk lokasi surfing Asian Games  itu adalah Pantai Labuhanjukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Pantai Berandai, Pekon Mandirisejati, Kecamatan Krui Selatan dan Pantai Tanjungsetia, Kecamatan Pesisir Selatan.

“Kita bersyukur memiliki kekayaan laut yang begitu luas, sehingga dinobatkan untuk menjadi lokasi pada perlombaan surfing tingkat Asean. Kita patut berbangga diri, Tiga pantai ini dipilih karena sudah diakui dunia,  sebagai lokasi surfing. Dan mengakui keindahan pantai dengan tinggi ombaknya katagori terbaik di dunia,” kata Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, dilokasi Pantai Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan. 455915583143Agus Istiqlal yang didampingi Kepala Dinas Dishubkominfo, Gunawan, Kepala BP2KP Armen Qodar, Kepala Inspektorat Munzir Ali, Kabag Humas dan Protokol Pesibar John Edwar, Kasat Pol-PP Nursin Chandra, serta Camat Pesisir Tengah Agus Triadi, dan Camat Pesisir Selatan Djaman Simara. Bersama-sama meninjau lokasi surfing.

Bupati mengharapkan kepada Satker yang ikut terlibat dalam ajang perlombaan bergengsi itu dapat mengoptimalkan kinerjanya, agar nilai ke-Pariwisataan Pesisir Barat lebih terangkat di Nasional dan International.

“Bayangkan jika ajang perlombaan itu nanti sudah dimulai, berapa banyak orang-orang yang datang ke Pesisir Barat, kita harus berikan kesan terbaik dalam hal pelayanan dan kualitas keamanan. Saya harap untuk semua leading sektor yang terlibat mampu bekerja keras, jika tidak mampu minggir saja dari pada membuat malu Kabupaten tercinta kita ini,” tegas Bupati.

Menurut Agus, Cabang perlombaan surfing Asian Games, pada 2018 mendatang benar-benar akan diadakan di Kabupaten termuda di Lampung. “Ini merupakan berkah yang begitu besar bagi Pesisir Barat sebagai Kabupaten yang lokasinya berada di tepi laut Samudera Hindia,” katanya.

Untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pesta olahraga tinga Asean ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat akan menandatangani kerja sama dengan maskapai Ekpress Airline. Kerja sama ini menyusul persiapan Kabupaten Pesisir Barat sebagai tuan tumah ASIAN Games 2018 untuk cabang perlombaan surfing di Pantai Tanjung Setia.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatia Pesisir Barat Gunawan, melalui Sekretaris Dishubkominfo, Imam Habibudin, mengatakan Ekpress Airline akan mengecek ke lokasi Bandara Muhammad Taufik Kiemas untuk melihat panjang landasan. Pesawat Ekpress Airline membutuhkan lintasan sepanjang 1,4 Kilometer.

“Selasa (8/11), Ekpress Airline akan datang ke Pesisir Barat untuk mengecek lokasi bandara. Dari situ mereka akan menilai, bandara layak atau tidak. Karena untuk kebutuhan landasan Ekpress Airline sekitar 1,4 Kilometer,” Ujar Imam, Senin (7/11/2016).

Menurut dia, panjang landasan Bandara Muhammad Taufik Kiemas, Kabupaten Pesisir Barat, 1,1 Kilometer sehingga masih membutuhkan penambahan. “Jika setelah pengecekan lokasi selesai, barulah InsyaAllah akan ada MoU antara Pemkab Pesisir Barat dengan Maskapai Ekpress Airline. Itu juga untuk sarana pendukung sebagai tuan rumah ASIAN Games 2018,” tutup Imam. (tim)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY