Pemprov Lampung Tambah Armada Bus Menjelang Mudik Lebaran

0
702
(foto ist)

Bandar Lampung(PBO)- Pemerintah Provinsi lampung menyiapkan bus angkutan umum untuk masyarakat Lampung yang akan menhadapi arus mudik dan balik lebaran ke kampung halaman.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Prov Lampung, Qodratul Ihwan melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan, Andriyanto Wahyudi menerangkan bahwa pihaknya menyiapkan sedikitnya 15 bus untuk mengangkut penumpang yang akan mudik ke kampung halamanya di Provinsi Lampung.”Kita sdah komunikasi dan Lampung Jasa Utama (LJU) terkait penyedian busnya. 10 sampai 15 bus kita siapkan, kalau bus besar ya cukup 10 saja ditambah 5 bus sedang. Tapi nanti kita lihat kondisinya, mudah-mudahan bisa lebih banyak bus yang disiapkan,’ujarnya, Selasa (20/6).

Terkait ongkos sendiri, Pemprov Lampung secara langsung tidak memungut angkos bagi pemudik, sebab anggaran mudik ini ditanggung dana APBD Provinsi Lampung. Untuk lokasi bus sendiri, dishub menempatkanya di pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.”Bus ini diprioritaskan untuk anak-anak, lansia, dan ibu-ibu,”terangnya.

Rute tujuan bus itu sendiri, lanjut Andriyanto bakal tersebar ke penjuru lampung melintasi tiga rute jalan utama. Dimulai dari Pelabuhan Bakauheni- Terminal Rajabasa, kemudian dilanjutkan menuju Pesawaran-Pringsewu, Tanggamus,hingga di Pesisir Barat. Rute kedua yakni Rajabasa-Lampung Tengah,Menggala dan Rajabasa- Kotabumi-Way Kanan.
“Jadi setiap terminal di kabupaten akan berhenti, setelahnya masyarakat bisa melanjutkan perjalanan lagi.”katanya

Sementara untuk jadwal keberangkatan sendiri, nantinya akan dikhususnkan saat malam hari. “Sebab fungsi bus ini kan alternatif bagi pemudik saat malam hari yang tidak kebagian bus lagi. Kita juga harus utamakan jadwal keberangkatan bus reguler,”katanya.(pmd)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY