Pemkab Pesawaran Gelar Rakor Penanganan Kekerasan Perempuan dan Anak

0
89

Pesawaran, (PBO) – Pemkab Pesawaran gelar Rapat kordinasi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak daerah Kabupaten Pesawaran yang di hadiri Ibu Bupati Pesawaran, Indira Dendi, Asisten 3 Pesawaran, dan beberapa pejabat Pemkab Pesawaran, Ibu – Ibu PKK dan kepala desa se-Pesawaran dan dari lembaga layanan yang menangani kasus kekerasan perempuan dan anak  antara lain perwakilan dari P2TP2A Provinsi.

Rakor  tersebut membicarakan efektifitas P2TP2A di 11 kabupaten/kota dalam penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang tentunya didampingi oleh lembaga-lembaga layanan. Efektivitas yang  dibahas antara lain Terkait SDM yang tersedia apakah memadai untuk merespon jumlah kasus dan kompleknya kebutuhan korban, bagaimana penanganan terhadap korban yang tinggal jauh dari jangkauan, bagaimana P2TP2A Provinsi berkoordinasi dengan P2TP2A kab/kota, apakah anggaran yang tersedia memadai untuk menjangkau korban kekerasan, penyelesaian kasus dengan membangun kerjasama, rekomendasi rapat koordinasi.

Dan mekanisme koordinasi Layanan di Lingkup Provinsi meliputi memaksimalkan peran dan fungsi OPD/SKPD, bekerjasama dengan instansi vertikal dan organisasi masyarakat sipil, serta P2TP2A Kabupaten pesawaran, membangun kesepahaman baru di tingkat Provinsi yang didukung oleh kebijakan dan anggaran, menyempurnakan mekanisme layanan kerjsama rujukan (berbagai sumber daya) koordinasi dan penguatan kapasitas jejaring, penguatan kapasitas secara reguler untuk OPD/SKPD dan CSO pemberi layanan.

“Karena sering terjadinya Kekerasan, kapan saja dan dimana Saja kekerasan bisa terjadi pada anak  laki-laki maupun perempuan dan juga pembantu rumah tangga. Jika terjadi kekerasan terhadap siapapun jangan segan segera melaporkan pada kepolisian, rumah sakit, atau juga  LSM. Dengan terjadinya kekerasan, jangan takut, laporkan saja pada pihak yang berwajib, kepolisian dan juga kepada aparat desa yang ada di desa kita masing masing”, ungkap nya. (Deva)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY