Pemkab Lamtim Gelar Pembinaan Revitalisasi Lembaga Adat Istiadat

0
71

LAMPUNG TIMUR, (PENA BERLIAN ONLINE) – Pemda Lampung Timur melalui Dinas PMD menggelar Pembinaan Dalam Rangka Revitalisasi Lembaga Adat Istiadat. Kegiatan yang
dilaksanakan di Aula Hotel Yestoya, Way Jepara, Kamis, 5 Juli 2018, ini dihadiri oleh perwakilan penyimbang adat di Lampung Timur.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dimulai dengan prosesi pembukaan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta yang diwakili oleh dua orang, dan diskusi untuk menggali potensi bagi pengembangan adat istiadat Lampung di Lamtim.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Timur yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas PMD Lampung Timur Suhaimi mengatakan kekayaan adat istiadat bangsa Indonesia menjadi inspirasi bagi para Pendiri Bangsa. Pemerintah memiliki kewajiban untuk bersama-sama melakukan pembinaan lembaga adat sebagai kekayaan suatu daerah.

Dengan demikian tujuan diadakan pembinaan ini untuk dapat melestarikan dan menumbuhkan nilai-nilai budaya yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

“Lembaga adat mempunyai tugas untuk membina dan melestarikan budaya dan adat istiadat serta hubungan antar tokoh adat dengan pemerintah desa dan lurah, sebagai penampung dan penyalur pendapat atau aspirasi masyarakat kepada pemerintah desa dan lurah serta meyelesaikan persilihan yang menyangkut hukum adat, satuan istiadat dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat,” ucap Suhaimi.

“Saya berharap agar lembaga adat daerah yang ditunjuk bisa berpartisipasi dengan baik dalam pembinaan kali ini. Semoga dengan adanya pembinaan ini, peserta bisa menerapkannya pada keluarga dan desa mereka agar terciptanya masyarakat yang aman, sehat dan sejahtera,” tutupnya.

Acara yang diikuti oleh 75 penyimbang adat dari 13 kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur ini juga dihadiri oleh Sekda Syahrudin Putera, Kadis PMD Lamtim Syahrul Syah, Pembicara dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pariwisata Lampung Timur.(klc)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY