Pemerintah OKU Galakan Kegiatan Bersih-bersih Selama Tiga Bulan

2
163

OKU-SUMSEL ( PENA BERLIAN ONLINE)-Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) telah melaksanakan program pusat pada kegiatan agenda Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yang berlangsung pada 21 Januari-21 April 2018.

Hal ini didasari surat edaran Bupati OKU yang menindak lanjuti surat edaran Menteri Lingkungan Hidup Nomor SE.1/MenLHK/PSLB3/PLB.0/1/2018 tanggal 15 januari 2018. Perihal kerja bersama untuk peningkatan penanganan sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2018. Dimana akan melaksanakan agenda bersama-sama masyarakat membangun gerakan aksi bersih sampah dan lingkungan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU, Slamet Riyadi didampingi Yulpita kasi peningkatan kapasitas lingkungan hidup, mengatakan, Pihaknya hanya menindak lanjuti surat edaran Bupati, karna sebelum nya surat edaran ini sudah disampaikan kepada Camat diseluruh wilayah OKU, maka sebagai pihak yang menindaklanjuti dan mendukung Hari Peduli Sampah Nasional 2018 program pusat ini.

“Kami sudah merencakan kegiatan Jalan Sehat Sambil Memungut Sampah, dimana nanti nya dalam kegiatan tersebut akan melibatkan beberapa pihak instansi lain beserta beberapa perusahaan. Juga akan mengajak seluruh masyarakat, Ormas dan media untuk mengikuti kegiatan kita ini,”ujarnya seperti dinasir dari kabardaerah.com, pada Rabu (14/2).

 Slamet menatakan, pihaknya akan memberikan beberapa hadiah kepada peserta yang berhasil memungut sampah paling banyak. Dari mulai start ditaman kota sampai ke kantor bank sampah di Desa Tanjung Baru. Nanti setelah itu sampah yang dipungut akan ditimbang oleh bank sampah, dengan demikian baru diketahui siapa yang paling banyak memungut sampah dialah pemenang nya, dan akan mendapat hadiah yang menarik.

“Selain itu bertepatan pada kegiatan hari peduli sampah nasional 2018 yang sudah kami talk show kan di radio sukses Baturaja ini. Kami juga akan mengadakan pameran produk kreativ dari sampah dan lomba kerajinan dari bahan sampah, juga mensosialisasikan cara hemat pembuatan pupuk kompos,”katanya.

Selamat Riyadi juga menjelaskan jika sebelumnya dalam melaksanakan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS), pihak nya beserta jajaran Pemkab OKU sudah melakukan bersih bersih pada sungai ogan, dan rumah sakit.

“Kegiatan rutin bersih-bersih pada setiap hari jum’at yang sebelumnya memang sudah sering dilakukan Bupati OKU. Kemudian akan dilanjutkan dengan bersih-bersih pasar dan lomba bersih kantor Desa,”tuturnya.

Slamet Riyadi, menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat OKU untuk mendukung program Tiga Bulan Bersih Sampah, supaya kabupaten OKU bisa mempertahankan piala Adipura yang sudah berhasil diraih.( Helman).

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY