Pembangunan PAMSIMAS, Trimulya Jaya Rp350 Juta Sarat Korupsi

0
189

Tulang Bawang ( Pena Berlian Online)-Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), Kampung Tri Mulya Jaya,  Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang bawang, melalui Anggaran APBD Tahun 2017, senilai Rp350 juta, diduga kuat sarat dengan korupsi.

Pasalnya pekerjaan PAMSIMAS yang dilakukan oleh, Pelaksanaan kegiatan pemasangan jaringan pipa Program Pamsimas secara swakelola, dinilai dikerjakan asal jadi. Pelaksana  pembangunan itu juga, diduga melanggar ketentuan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan metode teknis pengerjaan.

Berdasarkan pantauan dilapangan, banyak urutan item pekerjaan yang tidak dilakukan pada tahapan pengerjaan pemasangan pipa air bersih. Sehingga hasil fisik bangunan terancam tidak akan bertahan lama.

Selain itu, kedalaman galian tidak sesuai yang diisyaratkan, pekerjaan galian pipa rata-rata berkisar 28-40 Cm, sementara urukan pasir sebagai landasan dan sebagai pembungkus pipa juga diabaikan pelaksana kegiatan. Berdasarkan pantauan pula pipa yang dipergunakan diduga tidak mengikuti standar nasional indonesia (SNI).

Terpisah, menanggapi hal tersebut, Ketua FKM  Edi Rahman saat dikonfirmasi  pada Senin (06-02-2018) mengatakan, pihak pelaksana pembangunan diduga ingin mencari keuntungan untuk memperkaya diri.

“Saya menduga Ketua PANSIMAS beserta bendahara bekerjasama untuk mencari keuntungan sebesar mungkin dengan cara me Mark-up anggaran tersebut. Saya berharapkan kepada intansi terkait untuk bisa segera mengambil tindakan atas adanya dugaan penyalah gunaan anggaran Pamsimas,”ungkapnya.

Hingga berita ini dipublikasikan, Ketua maupun bendahara PAMSIMAS desa setempat, belum bisa dikonfirmasi, karena jarang berada ditempat. (Red).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY