Pelayanan Prima, Disdukcapil Lamtim Intensifkan Mobil Pelayanan Keliling

0
32

SUKADANA (Pena Berlian Online )–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamtim intensifkan operasional mobil pelayaan keliling administrasi kependudukan (Minduk). Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan prima dan cepat bagi warga dalam mengurus berbagai bentuk administrasi kependudukan.

Kepala Disdukcapil Lamtim, Subandri Bachri, kepada lampost.co, Jumat (6/7/2018) menjelaskan, pelayanan minduk bagi warga Lamtim memang menjadi perhatian dan prioritas tersendiri bagi Pemkab setempat.. Pelayanan minduk tersebut meliputi pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), dan lain-lain.
Karena memang diprioritaskan maka selain pelayanan di kantor lanjut Subandri, pihaknya juga mengoptimalkan pelayanan dengan cara jemput bola. Adapaun pelayanan optimal jemput bola tersebut dengan mengintensifkan mobil pelayanan keliling minduk.

Pada unit mobil pelayanan keliling tersebut dilengkapi dengan alat perekam data KTP-el, alat pembuatan KK dan akta kelahiran, Suket, dan lain-lain. Unit mobil pelayanan keliling minduk tersebut dalam sepekan rutin dijadwalkan dua hingga tiga kali turun ke kecamatan untuk melaksanakan pelayanan minduk. Namun ha itu dilaksanakan dengan memprioritaskan terlebih dahulu wilayah-wilayah kecamatan yang kepemilikan e KTP warganya masih rendah, capaian perekaman data untuk KTP-el juga masih rendah, kepemilikan akta kelahiran rendah, dan lain-lain.

Subandri mengatakan sampai sejauh ini unit mobil pelayanan keliling minduk yang beroperasi dari pukul 09.00 hingga 16.00 itu telah mampu melayani warga dengan maksimal. Jika jaringan internet cukup baik, dalam sehari petugas dapat menyelesaikan sekitar 300 perekaman data e-KTP, pembuatan kartu keluarga (sekitar 300), Suket, KTP-el (300) dan Akta Kelahiran (150).
“Sekali turun ke kecamatan, dalam sehari jika jaringan internet baik maka petugas dengan fasilitas unit pelayanan mobil keliling tersebut dapat menyelesaikan cukup banyak perekaman data KTP-el, pembuatan KK, Suket dan Akta Kelahiran,” katanya.
Pihaknya terus mengintensifkan operasional unit mobil pelayanan minduk tersebut. Sebab meski volume minduk seperti KTP-el, KK, Akta Kelahiran dan Suket KTP-el cukup tinggi namun masih dapat tercover dengan baik.(LP).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY