Pelayanan Cepat, Warga Bandarlampung Urus E-KTP dalam 10 Menit

0
418
Foto: hms

BANDARLAMPUNG, (PBO) – Kini masyarakat Bandarlampung hanya butuh menunggu 10 menit saja untuk bisa mendapatkan E-KTP.

Pelayanan cepat ini bakal diwujudkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), demi memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan (adminduk).

Disampaikan Walikota Herman HN, saat ini pemkot telah memiliki 6 alat cetak E-KTP yang akan semakin menunjang kinerja Disdukcapil. “Saat Dirjen Disdukcapil datang ke pemkot kemarin, saya langsung membeli alat baru yang sebelumnya 3 unit,” ujar Herman, saat melakukan tinjauan di Gedung Pelayanan Satu Atap, Senin (5/2).

Menurutnya, dengan ketersediaan sarana prasarana memadai akan lebih memudahkan warga Bandarlampung dalam memperoleh E-KTP, lantaran hanya menunggu beberapa menit saja setelah melakukan perekaman. “Abis perekaman difoto segala macem, hanya beberapa menit saja kalau sinyal lancar, E-KTP bisa langsung dicetak. Tapi itu yang perekaman di sini saja ya, kalau yang di kecamatan, mungkin seminggu sudah bisa dicetak,” tandas Herman.

Di tempat yang sama, Kepala Disdukcapil, A Zainuddin, menyatakan bahwa saat ini Kota Bandarlampung memiliki Virtual Private Number (VPN) yang langsung terkoneksi ke pusat. Hal ini yang membuat perekaman bisa langsung print ready record (PRR) atau siap cetak.

“Alhamdulillah, pemkot sekarang sudah punya akses langsung ke server E-KTP Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sehingga hasil perekaman bisa dicetak langsung. Kedepan kami perkirakan dari perekaman ke pencetakan E-KTP hanya memakan waktu 10 menit saja,” paparnya.

Walaupun demikian, imbuh Zainuddin, layanan ini hanya bisa dinikmati oleh warga Bandarlampung yang baru melakukan perekaman. Untuk yang sebelumnya sudah merekam data E-KTP, masih harus menunggu giliran pencetakan E-KTP dari Disdukcapil.

“Hanya untuk perekaman baru. Yang sebelumnya sudah merekam, kami mohon bersabar, karena perekaman lama masuk ke dalam pencetakan antrian yang sudah kita buat kemarin. Berdasarkan data yang kita punya, masih ada 100 ribu warga yang belum melakukan perekaman. Insyaallah 1 bulan sebelum Pilkada 2018, semua E-KTP yang telah PRR akan rampung dicetak,” katanya.

Diketahui, kini Disdukcapil mampu meningkatkan jumlah pencetakan E-KTP sekitar 1.000 hingga 1.500 keping per hari. Sebelumnya, dengan kapasitas tiga mesin printer E-KTP, Disdukcapil Bandarlampung hanya bisa melayani pencetakan 300 E-KTP. (Sl/*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY