Pawai Budaya Kenalkan Potensi Lambar

0
131
( foto Ist)

LAMPUNG BARAT (PBO)- Pertunjukan parade budaya dengan tema “Dengan Parade Budaya Kita Satukan Hati Untuk Lampung Barat”. parade budaya ini menampilkan keberagaman adat budaya yang ada di Lampung Barat”, Minggu (24/12/2017) di Kantor Kecamatan Sekincau.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus,Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abd Nasir SH., Sekwan Mulyono, Asisten Bidang Pemrintahan Dan Kesra Drs. Adi Utama, Asisten Bidang Pereknomian Dan Pembangunan Ir. Natadjudin Amran, Kepala OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Lambar, Camat, serta masyarakat.

Dalam sambutanya  Parosil  menyampaikan acara yang bertemakan Dengan Parade Budaya Kita Satukan Hati Untuk Lampung Barat” “Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dan berpartisipai hingga acara berjalan dengan baik dan lancar, semoga usaha baik kita semua mendapat restu dari Allah Swt,” kata Bupati.

Diharapkan parade ini sebagai media promosi dan sebagai bentuk apresiasi atas kisah yang telah diakui dunia. “hal ini Merupakan kebanggaan bagi Kita semua, bahwa festival budaya ini bisa diselenggarakan juga di Lambar. Selain itu, Acara ini untuk membangkitkan kebudayaan sebagai salah satu daya tarik wisata,” jelasnya.

Disampaikanya juga bahwa kebudayaan di Indonesia sangat menekankan jati diri dalam berkebangsaan, maka dari itu budaya harus dibangun dengan sungguh – sungguh agar pembangunan karakter bangsa menjadi lebih baik dalam melestarikan budaya. Dalam pendidikan karakter yang pertama adalah diri kita sendiri dengan itu akan terbentuk dengan sendirinya nilai – nilai yang positif,” katanya.

Ditambahkannya, dengan acara ini memang tidak bisa dirasakan secara nyata namun bisa dirasakan dampaknya, maka dari itu semua pihak diminta melakukan penekanan dan terus melestarikan budaya yang berbangsa dan beragama. “Dalam melestarikan budaya nenek moyang yang sudah turun – temurun dalam kehidupan bermasyarakat akan menjadi hak asasi dalam membangun kecerdasan dalam berbudaya, dan menjadi anak bangsa yang bermanfaat akhlak nurqarimah, berbangsa dan baik kepada kedua orangtuanya,” jelasnya.

Kemudian Kehadiran parade budaya sangat mengapresiasi dari anak-anak tingkat paud sampai tokoh-tokoh masyarakat yang terlibat secara langsung pada acara tersebut. “Ini pola yang betul betul bagus, yang dilakukan oleh badan pengelolanya, pada nantinya masyarakat Lambar akan menjadi tuan rumah sendiri,” ucapnya.

Selain itu Parade ini selain sebagai ajang mempersatukan budaya juga merupakan sarana silaturahmi bagi masyarakat Lambar tanpa mengenal budaya, suku dan agama.

Bupati juga memberikan piagam penghargaan kepadaPerwakilan dari masing-masing peserta parade Budaya. Bagi Bupati karnaval ini tidak kalah kreatifnya tidak kalah hebohnya dengan karnaval yang di selenggarakan negara-negara lain. “Ini adalah sebuah karnaval yang di garap untuk organisasi dan dilaksanakan secara detail dengan sangat baiknya.” Imbuhnya.
Bupati juga berkeinginan, agar supaya karnaval serupa ada di Kecamatan lainnya. Karena ragam budaya kita adalah sebuah kekuatan, sekaligus juga keunggulan kita dibandingkan dengan bangsa yang lainnya.(Hms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY