Oknum Kepala SMAN 1 Gedung Aji Diduga Melakukan Pungli UNBK

0
397
Pelajar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 di SMP Negeri 19 Banda Aceh, Aceh, 9 Mei 2016. Sebanyak delapan dari 19 SMP atau yang sederajat di Kota Banda Aceh melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK). ANTARA FOTO

Tulang Bawang ( Pena Berlian Online)- Oknum Kepala SMA 1 Gedung Aji, Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) , diduga melakukan pungutan liar ( Pungli), terhadap 31 siswa, yang akan mengikuti Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sejumlah Rp1,2 juta setiap siswa.

Terungkapnya kasus tersebut berawal dari pengakuan sejumlah siswa yang ada di SMAN 1 Gedung Aji mengaku jika pihak kepala sekolah mewajibkan para siswa untuk membayar uang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sejumlah Rp1,2 juta/siswa.

“Ya pak kami dimintai bayaran untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sejumlah Rp1,2 juta oleh pihak sekolah kami. Saya ada bukti berupa kuitansi pembayaran,”ungkap salah satu siswa setempat yang enggan ditulis namanya, pada Senin (22/1/2018).

Terpisah, berdasarkan informasi yang diperoleh media ini, baru-baru ini pihak Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Sabarudin Hulu, mengingatkan untuk semua pihak yang bersangkutan agar mewaspadai potensi pungutan liar dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini.

Sabarudin mengatakan, Pengawasan diperlukan karena beredar informasi sekolah yang tak memiliki komputer akan menarik biaya agar sekolah tersebut bisa menggelar UNBK. “Penarikan iuran untuk membeli maupun untuk sewa komputer maupun keperluan lain dalam pelaksanaan UNBK masuk kategori pungli,” kata Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Sabarudin Hulu, Jum’at, 10 Pebruari 2017.(Mancar Sumarno).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY