Libur Nasional Pilkada Serentak 2018 Tunggu Keppres

0
97

JAKARTA (PENA BERLIAN ONLINE) — Pemerintah menunggu keputusan Presiden untuk menetapkan hari pencoblosan Pilkada serentak 2018 sebagai libur nasional. Usulan libur nasional itu disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat rapat persiapan terakhir pilkada di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

“Tadi baru diwacanakan, nanti tentunya butuh keputusan pemerintah, Presiden dalam hal ini,” kata Menko Polhukam Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat, 22 Juni 2018.Wiranto mengatakan pemerintah sempat mendapat usulan agar libur hanya diberikan kepada 171 daerah yang menyelenggarakan pilkada. Setelah dikaji, hal itu akan menggangu proses pencoblosan.

Apalagi, tak semua masyarakat bekerja sesuai dengan domisilinya. Sulit bagi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya jika tak libur.”Oleh karena itu diusulkan oleh KPU alangkah baiknya kalau diliburkan secara nasional,” kata Wiranto.Pilkada serentak 2018 bakal digelar pada Rabu, 27 Juni 2018. Pesta demokrasi itu akan berlangsung di 171 daerah, yang terdiri dari pemilihan gubernur, wali kota dan bupati. (lps)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY