KADER PDIP, DEMOKRAT, dan GRINDRA PIMPIN DPRD LAMPUNG BARAT

0
39

LAMPUNG BARAT (Pena Berlian Online) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Barat menggelar sidang paripurna istimewa pengambilan sumpah janji jabatan pimpinan DPRD Lampung Barat Periode 2019-2024.

Pelantikan tersebut digelar di ruang sidang marghasana kantor DPRD setempat oleh Ketua Pengadilan Negri Liwa Yuli Artha Pujayotama, SH, MH.

Pelantikan ke Tiga Pimpinan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Lampung Nomor G/667/B.01/HK/2019 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Lampung Barat masa jabatan tahun 2019-2024.

Ketiga pimpinan DPRD Lambar yang dilantik yakni Edi Novial, S.Kom., dari Fraksi PDI Perjuangan untuk menjabat ketua DPRD, kemudian Hi. Sutikno dari Fraksi Demokrat menjabat Wakil Ketua I, dan Erwansyah, S.H., dari Fraksi Grindra menjabat sebagai wakil ketua II.

Hadir dalam acara tersebut ; Bupati Lambar H. Parosil Mabsus, Ketua DPRD Lambar Edi Novial S.Kom, Dandim 0422/LB yang diwakili oleh Pabung pss. Barat Mayor Inf. Ihara Warsa, Kapolres Lambar yang diwakili oleh Kasat Sabara Iptu Mulyadi,Perwakilan Partai Politik yang ada di kabupaten Lampung Barat, Kepala Organisasi Pemerintah Daerah, Camat, Anggota KPU, Tokoh Adat tokoh Agama, Ibu- ibu PKK, Ubu Bayangkari Polres Lambar dan Ibu Persit Kodim 0422/LB.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, S.Kom mengatakan, setelah menjalankan dan menuntaskan Pemilu 2019 dengan segala dinamika kompetisi di dalamnya, kini saatnya membuka lembaran baru.

“Tidak ada lagi kompetisi diantara kita, tidak ada lagi perbedaan warna, sekarang kita satu dibawah wadah wakil rakyat yang sama. Untuk itu saatnya kita bersatu dan saling bahu membahu membawa Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” jelas Ketua DPRD Dua periode tersebut.

Dia juga menjelaskan, sesuai dengan amanah Undang-undang nomor 2 tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Pada padal 364 disebutkan, bahwa lembaga DPRD mempunyai fungsi legilasi, anggaran, dan pengawasan.

Artinya, ada sebuah sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif di dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Untuk mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera tentuna harus ada kolaborasi yang baik antar pihak Eksekutif dan Legislatif, dan itu sudah diamanahkan UU bahwa Eksekutif dan Legislatif adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan,”terang Edi.

Sementara dalam sambutannya Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus berharap setelah adanya Pimpinan DPRD Lampung Barat depinitifkan kinerja DPRD Lampung Barat dapat lebih maksimal dan sinergitas antara Pemerintah Daerah dan DPRD dapat terjalin dengan lebih baik lagi “Saatnya kita bersama mewujudkan harapan dari masyrakat Lampung Barat, melalui peran dan fungsi kita masing-masing” ucap Parosil. (ADV)

 

Editor : Hilda Melinia

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY