INFO KILAS : Dana BPJS Kota Bandarlampung Diduga di Korupsi

0
1673
Kantor BPJS Kesehatan Bandar Lampung | Imelda Astari/duajurai.co. (Ilustrasi).

BANDAR LAMPUNG-(PBO)–Dana Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) bidang kesehatan, Kota Bandarlampung, diduga kuat disalahgunakan alias dikorupsi. Diduga sejumlah oknum pejabat dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, mencari keuntungan dari program tersebut untuk memperkaya diri.

Kru Media Pena Berlian Online, menemukan sejumlah kejanggalan dan dugaan korupsi terkait pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) bidang kesehatan, Kota Bandarlampung.

Dana yang diperuntukan masyarakat Kota Bandarlampung, diduga berpotensi dinikmati oleh orang-orang yang tidak berkepentingan. Hasil investigasi yang dilakukan oleh kru Pena Berlian ada beberapa cara yang dilakukan oleh sejumlah oknum untuk mengkorupsi dana tersebut, diantaranya yakni, saat pengalihan aset, potensi korupsi penggunaan dana operasional, potensi korupsi saat pembayaran di fasilitas kesehatan.

Berdasarkan data dan keterangan sejumlah sumber yang ada pada Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, yang minta dirahasikan identitasnya, ratusan juta dana BPJS setiap bulannya mengalir  kesejumlah rekening milik oknum pejabat dinas setempat, dengan cara tersebut diatas.

Selain itu, sejumlah narasumber juga mengatakan, penggunaan dana BOK dan JKN pada Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, juga dinilai tidak transfaran, di Mark-Up dan tumpang tindih serta fiktif. Sehingga miliaran dana yang bersumber dari dana APBD maupun APBN sarat akan korupsi.

Redaksi Pena Berlian juga sudah mengkantongi sejumlah nama oknum pejabat yang diduga kuat ikut seta menikmati aliran dana BBJS dan BOK serta JKN. Untuk keakuratan data serta melepaskan praduga tak bersalah tim Pena Berlian akan melakukan konfirmasi kepada sejumlah pejabat yang terkait. (Tim).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY