Hutan Register di Kecamatan Pubian Jadi Ajang Pembalakan Liar

0
168

LAMPUNGTENGAH ( PENA BERLIAN ONLINE)- Lapor pak Kapolda Lampung..! Ribuan batang kayu sono keling yang ada di hutan register, wilayah Kabupaten Lampungtengah, diduga menjadi  ajang ilegal logging (pembalakan) liar oleh sejumlah oknum. Meski marak adanya pembalakan liar didaerah tersebut namun pihak yang berwenang terkesan tutup mata dan telinga.

Sejumlah hutan register yang menjadi sasaran para oknum yang melakukan ilegal logging (pembalakan) liar, diantaranya, hutan register yang ada di Kampung Payung Makmur, Kota Batu, Kali Mati, Kecamatan Pubian kabupaten setempat.

Terungkapnya masalah tersebut, berawal dari pengakuan dari sejumlah masyarakat yang mengaku telah diresahkan oleh pelaku ilegal logging (pembalakan) liar. Sejumlah masyarakat mengatakan para pelaku seperti tidak ada rasa takut mencuri kayu milik negara yang seharusnya dilindungi.

“Meski kejadian tersebut hampir setiap hari, namun selama ini belum ada tindakan dari pihak polisi kehutanan. Apa justru mereka para pelaku memang sudah bekerjasama,”ujar salah satu warga Kota Batu yang enggan ditulis namanya, pada ( 12/6/2019).

Narasumber menceritakan, agar tidak kelihatan para pelaku ilegal logging mengeluarkan kayu curian tersebut malam hari. “mereka mengeluarkan kayu pada malam hari pak,’ungkapnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad  saat diinformasikan masalah tersebut secara tegas, dirinya berjanji akan berkoordinasi dengan pihak Polres Lampungtengah agar diambil tindakan.

 “Baik Tks Infonya diteruskan kpd Kapolres,”ujar pandra panggilan akrab Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad, pada ( 12/6/2019).

Dikonfirmasi secara terpisah pula, Kapolsek Padang Ratu, Kompol Indra Herliantho mengatakan tugas tersebut wewenang dari pihak Polisi Kehutanan, namun dirinya berjanji akan berkoordinasi dengan pihak polhut.

“Pak hutan lindung itu ada polhutnya pak sudah kordinasi sama polhut belum pak, saya akan coba koordinasi dengan pihak polhutnya ya,”kata Kapolsek.

Kapolsek Padang Ratu juga mengaku sudah mengirim pesan kepada kepala Polisi Kehutanan Rayon Way Waja dan Termasuk kota Bumi serta Lampungtengah.

“Saya sudah kirim ke pak Lulu dek Kepala Polisi Kehutanan Rayon Waywaja termasuk Kotabumi dan Lamteng, kata dia Siap pak ditindaklanjuti,”ujar Kapolsek.

Kapolsek Padang Ratu mendapat informasi dari kepala Polhut jika kayu sonokeling yangaada bukan dari hutan register.

“Ini bukan di hutan dek, uda kita percaya aja degan Polhut nya..Saya kirim semua fotonya sama pak lulu nya,”lagi-lagi kata Kapolsek melalui pesan WhatsAp.

Terpisah, Keterangan dari Kapolsek Padang ratu dibantah oleh salah satu Warga Kampung Kota Batu yang minta dirahasiakan idetitasnya. Narasumber mengaku jika foto yang dikirim tersebut adalah foto kayu sono keling milik salah satu ketua kelompok dari hasil jarahan di hutan register.

“Bukan dari register apa. foto itu diambil langsung dari lokasi. Kami tau kayu itu dari hutan register. Semua warga disini tau semua jika kayu sono keling di register ditebangi oleh para oknum. Turun geh cek langsung dilokasi jadi bisa lihat langsung tunggulnya dihutan register kami,”Pungkas narasumber. ( Red).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY