Hukum Di Mesuji Patut Dipertanyakan

0
607
Hukum Di Mesuji Patut Dipertanyakan (Foto Istimewa)

Mesuji (PBO) – Masyarakat Mesuji pertanyakan adanya beberapa dugaan tindak pidana yang berakhir tanpa kejelasan yang seolah olah penegakan hukum mandul tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Ketidakpastian proses hukum bagi tersangka tindak pidana yang kini bagaikan sirna ditelan bumi, mungkin hal yang wajar jika ada pemberitaan media yang menduga bahwa pihak Kajari Menggala masuk angin, serta berkas status tersangka dimakan jin dan lain lain .

Seperti yang diungkapkan seoarang warga Desa Simpang Pematang yang enggan disebutkan namanya mengatakan, bahwa hukum di Kabupaten Mesuji ini seolah-olah tidak berjalan sebagaimana mestinya.

“Gimana ya mas hukum di Mesuji ini kayaknya cuma untuk maling ayam aja yang ada, klo untuk kejahatan semacam korupsi kayaknya gak ada, mungkin karena jauh dari pusat kota, ” ungkapnya.

Dirinya juga mengaku sempat mendengar adanya beberapa pejabat yang diperiksa oleh Mabes Polri, namun hingga kini tidak ada lagi kejelasan.

“Tahun 2015 dulu sempat saya dengar ada banyak pejabat Pemda yang di periksa di Mabes Polri tapi gak ada kejelasan, makanya saya heran apa aparat itu memang bisanya cuma nangkep maling ayam dan motor aja ya? Hahahaaa, ” ucapnya seraya bergurau.

Tomy warga Desa Wiralaga Mesuji juga merasa sangat kecewa dengan aparat penegak hukum, lantaran adanya seorang DPO yang bebas berkeliaran dan seolah olah pihak penegak hukum tutup mata.

“Hukum apa, disinimah kayak gak ada hukum mas, buktinya status tersangka tindak pidana aja hilang dengan sendirinya tanpa kejelasan. Nah ini ada yang mengherankan lagi seorang PNS yang ditetapkan menjadi DPO dia enjoy aja bekerja, kayak gak punya dosa, ” tutur Tomy.

Disinggung mengenai siapa DPO tersebut, Tomy enggan berkomentar.

“Datang aja ke bapeda mas pasti tau kok siapa yang saya maksud, itu orang sekarang dinasnya disana, ” terang Tomy.

Dari keterangan Tomy, tim Lampung1.com mencoba menelusuri kebenaranya. Alhasil memang ada seorang mantan Camat dengan inisial AS yang menjadi DPO sedang berdinas ditempat tersebut. Status DPO tersebut bukan isapan jempol belaka karena berdasarkan Surat Daftar Pencarian Orang dengan Nomor DPO/01/1/2017/Reskrim Tanggal 11 Januari 2017 yang ditanda tangani oleh Kasat Reskrim Polres Mesuji AKP Zainul Fachri, yang menerangkan bahwa oknum mantan Camat tersebut berstatus DPO.

Dilain pihak, Kasat Reskrim Polres Mesuji saat dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan, bahwa pihaknya masih menunggu instruksi dari Polda Lampung.

“Kami juga lagi menunggu putunjuk sama satuan atas untuk digelarkan di Polda, karena waktu sidik sudah habis kami lagi menunggu jadwal gelar perkara, ” terang AKP Zainul.

Saat disinggung mengenai kapan jadwal gelar perkara tersebut, anggota polisi berpangkat perwira ini hanya mengatakan kemungkinan tahun depan. (*)

Sumber : LAMPUNG1.COM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY