Hasil Tangkapan Nelayan Lamtim Melimpah

0
200
Foto: Ilustrasi

Lampung Timur  (PBO) – Ikan hasil tangkapan nelayan di pantai timur Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung saat ini melimpah mengingat pada Desember hingga April setiap tahunnya semua sumberdaya perikanan laut di daerah mudah didapat.

Sai`un, seorang nelayan tradisional di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung saat ditemui, Rabu mengungkapkan, saat ini berbagai jenis ikan banyak didapat saat angin barat bertiup di perairan laut Lampung Timur yang berlangsung mulai Desember hingga April setiap tahunnya.

Menurut Sai`un yang mengelola bagan tancap (alat penangkap ikan yang ditancap di tengah laut) ini menyebutkan jenis ikan yang banyak didapat di antaranya ikan teri dan cumi, ikan berang, ikan kakap dan ikan simba.

“Kalau lagi baik, tangkapan ikan teri bisa dapat satu ton tapi kalau lagi apes 50 kilo sampai 100 kilo saja,” katanya.  
Ia menjelaskan, ikan teri di daerahnya dihargai antara Rp12 ribu hingga Rp13 ribu/kg, sementara cumi Rp25 ribu per/kg.

Selain dirinya, kata Sai`un, ratusan nelayan di Kecamatan Labuhan Maringgai pun banyak yang memasang bagan tancap saat musim angin barat berlangsung.  Begitu pula dengan nelayan jaring tradisional pencari kepiting rajungan, hasil tangkapannya pun melimpah.

Wahyu, pengepul kepiting rajungan di Desa Margasari menyebutkan setiap harinya mampu menampung 1-2 ton kepiting rajugan dari sejumlah nelayan. Ia mengungkapkan seorang bisa mendapat 10-20 kg kepiting rajungan yang dihargai Rp50 ribu/kg, sedangkan rajungan matang yang sudah direbus dihargai Rp65 ribu/kg.

Di daerah pantai timur laut Lampung Timur tepatnya di Kecamatan Labuhan Maringgai ribuan nelayan menggantungkan hidup dari sumberdaya perikanan laut. Mereka menggunakan berbagai alat tangkap untuk mencari hasil tangkapannya dilangsir dari lampung.antaranews.com.

Kecamatan Labuhan Maringgai terutama Desa Margasari dan Muaragading Mas adalah sentra perikanan laut di Kabupaten Lampung Timur. Pada musim angin barat atau nelayan menyebutnya musim barat berbagai jenis ikan banyak tersedia di kedua desa pesisir ini yang dipasarkan di daerah Lampung dan luar daerah seperti Jakarta.  (Ant/Ist/Sl)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY