Harmonis Sambut Baik Program Penambahan Lahan Tebu Waykanan

0
203

Way kanan (Pena Berlian Online)- Harmonis Siaga Putra, Ketua Koperasi Tebu Rakyat (KPTR) Raja Pemuka Manis Negara Batin, Sambut Gembira Perluasan Areal Lahan Tanam Tebu seluas 2.500 Hektar Yang di Programkan Dinas Hutbun Way Kanan Tahun 2020, Selasa, (12/02/2019).

Dalam sambutan nya, Harmonis berharap  pihaknya bisa ikut berpartisipasi membuat usulan penambahan luas tanam tersebut.”

” Harapan itu menurut Harmonis Bukan tanpa Alasan, mengingat Koperasi yang dia Bina selama ini sudah memiliki persyaratan yang cukup baik administrasi maupun teknis.

” Selama ini kita sudah 2 kali membuat usulan penambahan luas areal yakni tahun 2014 dan 2017 untuk perluasan areal tanam seluas 1 500 ha namun program tersebut dibatalkan oleh Pusat. ” Kata Harmonis Siaga Putra.

” Ditambahkan Harmonis, saat ini baru KPTR  Raja Pemuka Manis sebagai satu satunya Koperasi Petani Tebu di Kabupaten Way kanan ,dan sudah mendapat Predikat sebagai Koperasi Terbaik Tingkat Provinsi Lampung, dan saat ini sedang diusulkan oleh Dinas Koperasi Provinsi Lampung untuk menjadi Koperasi terbaik tingkat Nasional.

Dalam kesempatan yang sama Hal tersebut juga dijelaskan oleh Kepala Dinas Perkebunan Way kanan Bani Aras Saat menerima Kunjungan Ketua Koperasi Petani Tebu Rakyat (KPTR ) Raja Pemuka Manis Kecamatan Negara Batin di ruang kerjanya, Selasa , (12/2/2019).

Program ini menurut Kepala Dinas Sudah disetujui oleh Pusat dan saat ini sedang dilakukan pendataan calon Kelompok Tani penerima, dan Pusat sudah merestui usulan tersebut dan saat ini pun kita sedang mendata calon kelompok tani Penerima, dan akan dilakukan Verifikasi sesuai dengan Persyaratan Kelayakan Calon Penerima Bantuan tersebut.” Jelas Bani Aras

Ditambahkan Kabid Perkebunan Alpian kemungkinan luas lahan  penambahan masih bisa berubah dalam hal luasan, mangingat di Kabupaten lain atau Provinsi terutama di Jawa tengah dan Jawa Timur yang juga mendapat Jatah perluasan lahan Tanam Tebu akan kesulitan mencari lahan.

“Bisa saja luasan yang diterima Way kanan akan bertambah jika Kabupaten atau Provinsi lain menolak jatah Kuota penambahan luas tanam karna Kesulitan lahan, dan kita Siap ambil.” Kata Alpian.(Alex).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY