Episode 1 : DAK Disdikbud Lampura Diduga Kuat Untuk Ajang Pungli

0
174
Kantor Disdikbud Lampura ( foto Istimewa).

Lampung Utara ( Pena Berlian Online)- Sejumlah oknum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kabupaten Lampung Utara (Lampura), diduga kuat melakukan pungutan liar (pungli), Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2017, hingga miliaran rupiah.

Kejadian tersebut, berawal dari pengakuan sejumlah kepala sekolah penerima bantuan DAK pada Tahun 2017 lalu, dimintai setoran oleh sejumlah oknum pejabat disdikbud setempat, hingga puluhan juta.

“Betul pak, kami yang menerima bantuan DAK Tahun 2017, dimintai setoran oleh pihak Disdik kabupaten,”ungkap salah satu kepala sekolah yang dikonfirmasi secara terpisah pada beberapa waktu lalu.

Terpisah, salah satu oknum pejabat disdikbud kabupaten setempat, yang dirahasiakan idetitasnya, mengakui adanya setoran yang dilakukan oleh pihak disdikbud kepada sejumlah kepala sekolah penerima bantuan DAK.

Seperti kita ketahui berdasarkan data yang diperoleh, media ini, Disdikbud kabupaten setempat pada tahun 2017 lalu, mendapat kucuran anggaran dari pusat mencapai Rp16,4 miliar.

Bantuan DAK tersebut, diperuntukan pembangunan fisik dan non fisik di bidang pendidikan. Pembangunan fisik itu berupa rehabilitasi gedung sekolah, pembangunan ruang kelas baru (RKB), dan pembangunan laboratorium sekolah serta pembangunan non fisik seperti pengadaan peralatan alat peraga atau buku.(Tim).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY