Dongkrak Wisatawan, Lampung Timur Gelar 101 Festival

0
161

LAMPUNG TIMUR, (( PENA BERLIAN ONLINE )) – Sektor pariwisata dinilai mampu menjadi lokomotif pembangunan Kabupaten Lampung Timur. Dengan peningkatan sektor pariwisata, Lampung Timur dapat menjadi daerah tujuan wisata lokal dan Nasional terkemuka di Pulau Sumatera. Syahrudin Putra Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur menyatakan, pada tahun 2018 ini Lampung Timur menggelar 101 festival wisata dan budaya. Diharapkan festival wisata tersebut dapat membangun citra positif Lampung Timur yang selama ini terkenal daerah dengan segudang kriminalitas.

“Tidak ada pilihan lain bagi Lampung Timur selain menjadi sebuah daerah wisata berwawasan ecotourism ditunjang dengan pertanian dengan konsep agrowisata,” ujar dia. Menurut Syahrudin, Target pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019 mendatang merupakan tantangan sekaligus kesempatan emas bagi Lampung Timur.

“Setidaknya visi cerdas ini ditangkap oleh Kabupaten Lampung Timur menjadi destinasi wisata unggulan dengan tagline Lampung Timur the Beauty of Lampung,” papar dia. Lampung Timur bisa berkembang menjadi salah satu primadona wisata Indonesia karena letaknya yang menguntungkan.  Secara geografis, Lampung Timur sangat dekat dengan  Jakarta dan ditopang infrastruktur yang memadai. Lampung Timur memiliki topografi pantai,hutan kawasan Nasional serta berbagai obyek wisata dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Lampung Timur secara aspek sosial dan budayanya,dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata skala Nasional bahkan Internasional. Apalagi Lampung Timur mempunyai ikon Taman  Nasional Way Kambas pusat sekolah gajah yang sudah populer dan melegenda.

“Sektor pariwisata berdampak multiplier effectnya luar biasa, ibarat lokomotif bisa menarik gerbong-gerbong sektor primadona lainnya di Lampung Timur seperti pertanian, perikanan, industri, kerajinan, perkebunan, peternakan, pedagangan, kuliner dan jasa. Di era zaman modern tourism lifestyle sekarang ini, hampir semua sudut wilayah dapat disulap menjadi obyek wisata. Keajaiban sosial media juga dapat mendatangkan wisatawan, karena promosinya sangat mudah. Sudah saatnya Lampung Timur berdiri tegak dengan menjadikan pariwisata sebagai leading sector. Jika sektor wisata digarap dengan baik, dipastikan Pendatapan Asli Daerah (PAD) Lampung Timur bisa melampaui daerah pariwisata lainnya di Lampung,” kata Syahruddin.(*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY