Bupati Waykanan Ajak Warga Bekerjasama untuk Pembangunan Lisrik

0
157
foto: hms

WAYKANAN, (Pena Berlian Online) – Bupati Raden Adipati Surya beserta Pemkab Kabupaten Waykanan menggelar sosialisasi pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV, Blambangan, Umpu-Pakuan Ratu, di Aula Gedung PKK, Rabu (06/12/2017).

Acara yang juga dihadiri, Kajari Way Kanan,Manejer Unit Pelaksana Proyek Jaringan Lampung-Bengkulu,Kasi Datun Kejati Lampung, Sekda, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala Badan, Dinas, Kantor, dan Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Dalam sambupatannya, Bupati Raden Adipati menyampaikan, Listrik masih menjadi salah satu persoalan yang dihadapi masyarakat kita terutama yang jauh dari gardu-gardu Induk.  Ketersediaan Listik sebagai salah satuhal vital dalam kehidupan modern ini menjadi salah satu tolak ukur kemajuan bangsa. Dengan ketersediaan listrik yang cukup memiliki daya guna yang lebih besar. Hal ini dikarenakan dengan energi listrik, penduduk dapat beraktivitas, bekerja dan berkreatifitas.  Oleh karena pentingnya energi listrik itulah, ketersediaannya seharusnya dapat dinikmati semua penduduk.

“Sampai saat ini PLN masihbelum bias untuk mencukupi kebutuhan listrik secara merata.Masyarakat di daerah pedalaman masih banyak yang belum dapat menikmati kegunaan listrik.Tantangan dan hambatan tentunya sangat besar dan unik di masing-masing daerah. Mulai dari akses daerah yang sulit, kurangnya sarana prasana, hingga nilai ekonomi yang mungkin terlalu mahal bila mendirikan pembangkit listrik di daerah”, paprnya.

Selain itu, Sambungnya, salah satu kendala yang sering dihadapi adalah masalah pembebasan lahan. Sebagian masyarakat merasa dirugikan oleh gantirugi yang diberikan. Hal ini tentu dapat menghambat kelancaran proses penyelesaian pembangunannya, prosesnya menjadi molor tidak tepat waktu.

Bupati juga menyampaikan harapannya kepada semua pihak termasuk SKPD terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, untuk mendukung kelancaran pembebasan lahan.

“Beri pengertian kepada masyarakat yang sejelas-jelasnya bahwa ini adalah kepentingan negara yang hasilnya untuk masyarakat, jangan sampai terjadi adanya gugatan muncul yang bias menghambat pekerjaan, namun demikian, kita semua harus menghormati hak atas tanah dan benda jangan sampai merugikan masyarakat”, tuturnya.

Dipenutupan sambutannya, Bupati Raden Adipati Surya menekankan agar PLN segera menyelesaikan Pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Blambangan Umpu-Pakuan Ratu. PLN tidak perlu ragu-ragu untuk melaksanakannya sepanjang tujuan dari pembangunan SUTT itu untuk kepentingan umum, nasional dan tidak merugikan rakyat.

“Khusus kepada kepada masyarakat saya berharap agar mendukung PLN melaksanakan program SUTT ini sehingga tidak ada lagi masalah listrik terjadi di daerah kita khususnya di Kecamatan Blambangan Umpu dan Pakuan Ratu”, Tandasnya. (Rls)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY