Bupati Lambar Mukhlis Resmikan Asrama Mahasiswa Sekala Bekhak

0
609

LAMPUNG BARAT-Pemerintah Kabupaten Lampung Barat berkomitmen mendukung pendidikan Putra-Putri daerah, salah satu bentuk upaya yang dilakukan, dengan menyediakan fasilitas pendukung pendidikan bagi Mahasiswa Lambar yang sedang menempuh pendidikan di berbagai Universitas di Lampung. Wujud komitmen itu seperti menyediakan asrama mahasiswa sekala bekhak yang diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Lampung barat Drs H Mukhlis Basri, pada Sabtu (5/11/2016).15032299_1356172861081461_7111472976767056563_n

Pemda kabupaten Lambar menyadari tempat tinggal juga mempengaruhi konsentrasi dan kualitas belajar. Asrama mahasiswa sekala bekhak tersebut yang berlokasi tidak jauh dari lingkungan Kampus universitas dijalan kencana 1 kelurahan kampung baru kecamatan labuhan ratu kota bandar lampung. Asrama Putri yang cukup representatif itu berkapasitas 16 kamar yang mampu menampung hingga 64 mahasiswi.

Bupati Lambar Drs. Mukhlis Basri MM, dalam sambutannya pada acara peresmian itu menegaskan, pengadaan Asrama mahasiswa skala bekhak ini sangat penting dan strategis, diharapkan fasilitas itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, khususnya dalam upaya peningkatan prestasi, selain dapat membanggakan diri sendiri dan keluarga, juga Pemerintah. Kemudian Pemda Lambar akan terus berupaya menyediakan berbagai fasilitas penunjang pendidikan dalam rangka mempersiapkan putra-putri menjadi pemimpin dimasa datang. SDM yang berkualitas sangat dibutuhkan Kabupaten lambar untuk menunjang pembangunan.

“Saya berharap mahasiswa yang telah lulus dapat memberikan kontribusi membangun daerah, mengabdikan diri untuk Kabupaten Lambar. Selain tempat berteduh dari terik dan hujan selama menuntut ilmu, asrama diharapkan mampu menjadi tempat diskusi untuk mengasah intelektual mahasiswa. Dengan demikian diharapkan mahasiswa yang tinggal di asrama selama belajar, tingkat intelektualnya semakin meningkat,”ujarnya.15036399_1356172601081487_4066101180679489106_n

Mukhlis mengatakan, pembangunan asrama mahasiswa ini dilaksanakan dengan tujuan selain sebagai tempat tinggal putra putri selama menempuh pendidikan juga sebagai upaya peningkatan prestasi mahasiswa dan wadah pemersatu mahasiswa Lambar, dengan adanya asrama mahasiswa ini maka diharapkan prestasi mahasiswa dapat lebih meningkat dan dapat meringankan sedikit beban pembiayaan orang tua dalam melanjutkan pendidikan anak- anaknya, kepada mahasiswa yang menempati asrama ini jaga dan manfaatkan fasilitas asrama ini agar dapat menjaga diri dan berbaur dengan masyarakat sekitarnya.

“Asrama mahasiswa ini seluas 720 meter persegi yang berlokasi di jalan kencana 1 kelurahan kampung baru kecamatan labuhan ratu kota bandar lampung. Pembangunan asrama mahasiswa ini dibiayai oleh APBD yang dilaksanakan dalam 3 tahap yang kegiatan pembangunannya dimulai pada tahun 2014-2015 sedangkan pada tahun 2016 ini kegiatan berupa perlengkapan asrama serta perlengkapan alat yang lainnya.asrama ini terdiri dari 3 lantai dengan ukuran 6 x 4 dengan jumlah kapasitas kamar sebanyak 16 kamar tidur dan fasilitas pendukung lainnya berupa ruang tamu, ruang jaga, aula,kantor, dapur gudang dan tempat parkir,”katanya.15027961_1356172734414807_5425507786887622899_n

Seperti kita ketahui, pada tanggal 11 November 2016 Bupati Lampung Barat Drs. Mukhlis Basri meresmian Gedung Olahraga (GOR) Aji Saka Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Di Kawasan Sekuting Terpadu.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, penataan kawasan sekuting terpadu merupakan bagian dari upaya pemerintah kabupaten lampung barat untuk menata kota liwa agar menjadi semakin indah dan sekaligus dapat memenuhi fungsinya sebagai ibukota kabupaten dan pusat kegiatan wilayah. pada tahun ini, kita patut bersyukur bahwa kawasan sekuting terpadu ini memiliki satu lagi bangunan penting yaitu gedung olah raga (gor), yang kita beri nama Gedung Olah Raga (GOR)Aji Saka”, Ungkap Bupati Saat Meresmikan GOR tersebut.

Menurut Mukhlis, pembangunan GOR Aji Saka merupakan suatu bentuk respon atas kebutuhan masyarakat lampung barat akan sarana dan prasarana fasilitas umum, yang salah satunya adalah sarana olahraga. sementara, alokasi pembangunan gor tersebut melalui dana APBD merupakan wujud komitmen Pemkab Lambar untuk mendukung pengembangan dan peningkatan sektor keolahragaan dan berbagai potensi dan bakat para pemuda yang ada di bumi sekala brak ini. komitmen tersebut, pada gilirannya diharapkan dapat berkontribusi secara nyata dalam pengembangan dan peningkatan prestasi para atlet kabupaten lampung barat, baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.15095468_1356173061081441_2774279441054671121_n

“Dengan tersedianya berbagai fasilitas tersebut, maka gor ini diharapkan dapat menjadi sarana yang cukup memadai untuk mendukung maksud dan tujuan pembangunannya. Selain fungsi utama sebagai sebuah sarana keolahragaan, gor aji saka ini pada dasarnya dapat difungsikan secara multiguna, di mana fasilitas yang ada juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan positif lainnya seperti pertunjukan seni, konser musik, dan lain– lain sesuai dengan kapasitas yang dapat ditampungnya. lebih jauh, sebagai sebuah bangunan yang terintegrasi dalam kawasan sekuting terpadu, gor ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu ikon kebanggaan kota liwa dan masyarakat kabupaten Lambar pada umumnya,”ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, berdasarkan laporan Ketua Pelaksanan yang di sampaikan oleh Asisten II Bidang Perekonomian Ir. Noviardi Kuswan yaitu pembangunan GOR Aji Saka ini yang berdiri di kawasan sekuting terpadu (KST) pekon wates, kecamatan balik bukit pembangunan fisik Gedung Olahraga (GOR) ini dilaksanakan selama empat tahun, yaitu dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. Kemudian pada tahun 2012, pembangunannya dibiayai melalui anggaran pendapatan dan belanja nasional(APBN), dan tiga tahun berikutnya didanai melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten lampung barat.15079093_1356173297748084_5557609468564041224_n

“Gedung ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas utama seperti lapangan basket, lapangan bola voli, lapangan bulutangkis, tribun vip, tribun penonton, panggung, ruang official, ruang atlet, kantor pengelola, toilet, parkir, ring basket portabel, tiang net bulutangkis portabel, tiang net volley portabel, dan lain-lain. Pada tahun 2016, fasilitas gedung ini ditambah dengan perlengkapan meubeler, papan skor portabel, dan locker atlet,”Kata Noviardi.

Hadir dalam acara peresmian Asrama Mahasiswa Skala Bekhak Kabupaten Lambar tersebut di hadiri Wakil Bupati Lambar Drs. Makmur Azhari, Kadis Pendidikan Prov Lampung, Kepala Balitbang Provinsi Lampunh, Unsur Porkopinda Lambar, Asisten Bupati, Sekdakab Lambar,Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Seluruh Rektor Univ Negeri Dan Swasta Prov Lampung (Rektor Unila, Rektor IAIN, Rektor ITERA, Rektor POLINELA, Rektor Poltekes,) dan Pada Presmian GOR Aji Saka KST dihadiri juga oleh Tokoh Masarat Lampung Barat, Ketua DPRD Kabupaten Lambar edi Novial S.Kom,Asisten Bupati, Staf Ahli Bupati, Unsur Forkompinda, Kepala SKPD Kabupaten Lambar, Pengurus Koni, Pengurus Perbasi, Tokoh Agama, Tokkoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Media Massa, Peserta Senam, Peserta Eksibisi dan Lomba Open Tournament Perbasi Cup dan undangan lainnya.(Iwan/Ismail)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY