BNN Lampung Sosialisasikan Program SIRENA di kampung Bumi Aji

0
225
( foto Istimewa)
Lampung Tengah(PBO)-,-Untuk mencegah semakin banyak nya korban berjatuhan yang  di sebabkan oleh penyalahgunaan Narkotika , BNN Lampung Sosialisasikan Program  aplikasi berbasis IT, dikampung bumi aji Kecamatan Anak Tuha Lampung Tengah Senin (28/8).
Acara sosialisasi ini diikuti oleh tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang di yang ada dikecamatan anak tuha, Badan Narkotika Nasional (BNN) meluncurkan aplikasi SIRENA (sistem informasi rehabilitasi narkoba),berbasis  Aplikasi online bagi masyarakat yang ingin melakukan rehabelitasi.  BNN Provinsi Lampung sosialisasikan program aplikasi tersebut ke lapisan masyarakat supaya akses informasi tentang rehabilitasi bahaya Narkoba semakin meningkat di tengah masyarakat.
Dalam penjelasan yang disampaikan oleh salah satu anggota  BNN Provinsi Lampung ,DR  Picka dihadapkan para peserta yang hadir. tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah agar masyarakat pemakai/ pecandu narkoba didata melalui sistem SIRENA  yang berbasis online nantinya akan dilakukan tindakan pengobatan melalui konsling, oleh BNN untuk bisa lepas dari ketergantungan.
“pengaruh narkoba, sudah dijelaskan diundang undang no 39 tahun 2009, pemakai, atau pecandu adalah korban yang wajib, dilindungi dengan cara direhabilitasi, tahap pertama  pecandu atau pemakai akan diregestrasi dalam sistem Sirena dalam daftar pasien rehabilitasi BNN Provinsi Lampung,” katanya.
Setelah, katanya, teregistrasi dalam sistem SIRENA ini, kedepan nya diwajibkan untuk melakukan konseling atau berobat jalan di kantor BNN Provinsi Lampung.  Diharapkan ke depan peranan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan t okoh pemuda dalam mencegah peredaran narkoba sangatlah besar. Untuk menciptakan generasi yang sehat jasmani dan rohani tegasnya
Ditempat yang sama Nikmat (45 )salah satu tokoh pemuda dan penggagas acara ini sangat mengapresiasi  dan mendukung Program SIRENA dari BNN Provinsi Lampung . “Karena dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan rehabilitasi secara gratis dan terlindungi bagi pemakai narkoba yang menjadi korban, serta dampak sosial penyalahgunaan narkoba, yakni mendorong tindakan kriminal,”ujarnya
Selain pendataan secara online pada aplikasi SIRENA yang diadakan ini, masyarakat yang mengikuti acara ini juga mendapatkan sosialisasi bahaya narkoba ,dan cara rehabilitasi di BNN ,serta mendapatkan obat vitamin dari BNN.(iswan)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY