Alokasi Dana Desa Karang Anyar Dikerjakan Berdasarkan Hasil Musdes

0
430

LAMPUNG SELATAN (Pena Berlian Online)- Sejak kepemimpinan Kepala Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Sumanto, desa setempat maju dengan pesat. Pada Tahun 2017, pihaknya fokus melakukan pembangunan infrasetruktur jalan pemukiman masyarakat desa dengan  bersumber dari  Anggaran Dana Desa (ADD)  Tahun 2017.

Kepala Desa Karang Annyar, Sumanto mengatakan, pembangunan desa berdasarkan hasil rapat musyawarah desa (Musdes) yang melibatkan, perwakilan warga dari setiap rt.

Dia juga mengatakan, Dana Desa tahap pertama  sebesar 60 % dengan jumlah anggaran Rp.424.266.732,00, pada bulan Juli lalu telah di alokasikan untuk  pembangunan peningkatan jalan yang  dibagi melalui beberapa tahapan, diantaranya yaitu : Peningkatan jalan pemukiman dari jalan tanah ditingkatkan kualitasnya dengan dipasangkan Paving Blok pada dua buah ruas jalan yang ada di Dusun 1 A, pembangunan ruas jalan pertama sepanjang 100 M x lebar 2 M,  dan ruas jalan kedua yakni, panjang 100 M dan lebarr 2 M.

” Selain itu, peningkatan ruas jalan dari jalan tanah dengan dipasang paving blok pada Satu buah ruas jalan yang ada di Dusun II A, dengan volume panjang 100 M x lebar 2 M. Lalu pemasangan paving blok pada  ruas jalan yang ada didusun IV A, dengan panjang 200 M x lebar 2 M,”terangnya.

Sumanto juga menjelaskan, anggaran Dana Desa juga dipergunakan untuk pemasangan Paving blok pada Satu buah ruas jalan yang ada didusun III C sepanjang 200 m x lebar 2 m, Dusun III A dengan panjang 120 m x lebar 1 m, dan pemasangan paving blok pada  ruas jalan yang ada di Dusun Pal Putih dengan panjang 200 m x lebar 2m serta  di Dusun Pal Putih 2 dengan panjang 200 m x lebar 2m.

“Untuk pelaksanaan pekerjaan pembangunan peningkatan kualitas ruas jalan pemukiman yang menggunakan program Dana Desa(DD) tahap pertama telah selesai dilaksanakan pada awal bulan Oktober 2017 lalu,  serta telah mampu memuaskan keinginan masyarakat akan adanya jalan pemukiman yang mulus dan berkualitas,”ujarnya.

Dia mengungkapkan, untuk pembangunan ruas jalan pemukiman yang sedang dikerjakan dan saat ini dalam proses penyelesaian juga merupakan program pembangunan desa yang bersumberkan DD tahap  dua yang diterima pada awal bulan Nopember 2017.

“Pelaksanaan pembangunan jalan pemukiman masyarakat desa yang ada di desa Karang Anyar yang bersumberkan pada DD tahap ke 2 sebesar  (40%) dilaksanakan pada beberapa ruas jalan yakni, Peningkatan kualitas jalan pemukiman dari jalan tanah dan ditingkatkan kualitasnya dengan dipasang paving blok dengan nilai  Rp. 71.229.392,00,”katanya.

Dana sebesar itu, masih kata dia direalisasikan untuk pembangunan ruas jalan pada Dusun Karang Tani dengan panjang 100 m x lebar 2m, ruas jalan pada Dusun II B dengan panjang 100 m x 2m, peningkatan ruas jalan pemukiman dari ruas jalan tanah dan ditingkatkan dengan pengerjaan Rabat Beton dengan nilai anggaran Rp. 186.633.382,00 untuk dua buah ruas jalan pada lingkungan  pemukiman Dusun I B,  panjang 200 m x lebar 2m dan ruas kedua panjang 200 m x lebar 2m.

“Dalam  pelaksanaan pembangunan jalan  tahap ke dua ini pun merupakan hasil musyawarah desa”tambahnya.

Ditemui secara terpisah, salah seorang warga Dusun III A, Supono, menjelaskan, pelaksanaan pembangunan jalan pemukiman masyarakat desa yang sudah memakai Dana Desa tersebut  pada tahun ini Masyarakat Merasa puas, dan mengaharapkan untuk  tahun depan  supaya pembanggunan bisa berjalan lancar. (Nizar)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY